SEPTYYANSYAH PRATAMA (2018) PENINGKATAN FASILITAS PELAYANAN PENUMPANG DITINJAU DARI TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA JASA KERETA API DI STASIUN WALIKUKUN. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.
![]() |
Text
SEPTYYANSYAH P.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Abstract
Stasiun Walikukun merupakan stasiun di Daop 7 Madiun yang termasuk kelas stasiun kecil. Pelayanan di Stasiun Walikukun masih belum maksimal dikarenakan masih terdapat kinerja pelayanan yang dianggap oleh pengguna jasa belum maksimal dan harus di evaluasi. Untuk itu perlu dilakukan pengukuran kualitas kinerja pelayanan yang belum maksimal dan yang harus disempurnakan berdasarkan ketetapan yang ada di PM No. 48 Tahun 2015 tentang Standar Pelayanan Minimum guna menjaga kepercayaan dan kesetiaan pengguna jasa agar tetap menggunakan jasa kereta api dan mampu meningkatkan eksistensi kereta api itu sendiri. Penelitian dilakukan dengan survei langsung terhadap kinerja pelayanan yang telah diberikan kemudian dibandingkan dengan tolok ukur yang terdapat dalam SPM. Penelitian juga dilakukan dengan survei wawancara untuk melihat seberapa besar penilaian dari pengguna terhadap kinerja pelayanan. Survei wawancara yang dilakukan juga untuk mengetahui tingkat kebutuhan pelayanan yang belum terdapat di stasiun. Analisis yang dilakukan adalah membandingkan kondisi eksisting stasiun dengan ketentuan di PM No. 48 tahun 2015, mengukur tingkat pelayanan dengan metode IPA (Importance Performance Analysis), dan peramalan jumlah penumpang di stasiun. Dari hasil analisis Standar Pelayanan Minimum ditemukan adanya pelayanan stasiun yang belum sesuai dengan standar. Pada analisis IPA pelayanan yang perlu diprioritaskan untuk ditingkatkan juga termasuk dalam analisis Standar Pelayanan Minimum. Lalu untuk peramalan jumlah penumpang juga didapatkan bahwa kedepannya penumpang di Stasiun Walikukun akan meningkat. Tugas penyedia jasa selanjutnya adalah untuk memberikan pelayanan maksimal sesuai dengan kebutuhan dan sesuai dengan Standar Pelayanan Minimum yang ada.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Stasiun, Pelayanan, SPM, Importance Performance Analysis, Peramalan |
Subjects: | T Technology > TF Railroad engineering and operation T Technology > TH Building construction T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Perkertaapian |
Depositing User: | PRODI MTP DIII |
Date Deposited: | 25 Feb 2021 16:00 |
Last Modified: | 25 Feb 2021 16:00 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/475 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |