KORNELIUS HAREFA, KORNELIUS and SUDIRMAN ANGGADA, SUDIRMAN ANGGADA and HARDJANA, HARDJANA (2023) UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN PADA RUAS JALAN LINTAS SUMATERA KM 18 DESA RANGAI TRI TUNGGAL DI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text (HALAMAN COVER)
HALAMAN COVER.pdf Restricted to Registered users only until 22 September 2028. Download (562kB) | Request a copy |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Restricted to Registered users only until 22 September 2028. Download (419kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf Restricted to Registered users only until 22 September 2028. Download (339kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 2)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only until 22 September 2028. Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 3)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only until 22 September 2028. Download (403kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 4)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only until 22 September 2028. Download (592kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 5)
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only until 22 September 2028. Download (5MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB 6)
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only until 22 September 2028. Download (321kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 22 September 2028. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Ruas Jalan Lintas Sumatera KM 18 Desa Rangai Tri Tunggal merupakan Jalan Arteri Primer yang terletak di Kabupaten Lampung Selatan dengan jumlah kecelakaan tertinggi berdasarkan Laporan Umum Tim PKL Kabupaten Lampung Selatan Tahun 2022 dengan jumlah kecelakaan 11 kejadian, korban meninggal dunia sebanyak 2 orang, luka berat sebanyak 11 orang, dan luka ringan sebanyak 13 orang selama tahun 2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan upaya pencegahan kecelakaan pada ruas Jalan Lintas Sumatera KM 18 Desa Rangai Tri Tunggal dalam bentuk pengusulan perbaikan dan penambahan fasilitas perlengkapan jalan serta untuk mengurangi kecelakaan atau fatalitas kecelakaan yang akan terjadi di kemudian hari di ruas jalan ini. Analisis yang digunakan pada penelitian ini antara lain analisis frekuensi kecelakaan, analisis kronologi kecelakaan, analisis kinerja fasilitas perlengkapan jalan, analisis kecepatan persentil 85, analisis jarak pandang henti, analisis jarak pandang mendahului, dan analisis penampang melintang. Pada ruas Jalan Lintas Sumatera KM 18 Desa Rangai Tri Tunggal dibagi menjadi 3 segmen dengan tingkat kecelakaan tertinggi yakni segmen 2. Segmen 1, dan segmen 3. Faktor penyebab kecelakaan tertinggi pada setiap segmen ini disebabkan oleh perilaku manusia yang mengemudikan kendaraannya dengan kecepatan tinggi yang diperkuat dengan hasil kecepatan sesaat setiap segmen jalan yang sudah melebihi batas rencana jalan sebesar 60 km/jam. Rekomendasi dan penanganan yang diberikan disesuaikan dengan faktor penyebab kecelakaan dan analisis yang diantaranya ialah perlu dilakukannya manajemen kecepatan pada daerah rawan kecelakaan yaitu dengan adanya manajemen batas kecepatan bagi pengemudi melalui rambu batas kecepatan serta penambahan fasilitas perlengkapan jalan yang diperlukan di ruas jalan ini. Perlu juga dilakukan sosialisasi, kampanye, pelatihan, serta pengawasan dan penertiban taat berlalu lintas oleh pihak terkait kepada masyarakat umum, murid sekolah, dan instansi–instansi yang berada di Kabupaten Lampung Selatan khususnya di sekitar ruas Jalan Lintas Sumatera KM 18 Desa Rangai Tri Tunggal. Kata Kunci : Kecelakaan, Lalu Lintas, Kecepatan, Faktor Penyebab, Upaya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar TD 1.9 |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 13:19 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 13:19 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/5827 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |