FERDIAN MAULANA HAFIZH, HAFIZH (2023) INSPEKSI KESELAMATAN JALAN DI JALAN PEMALANG – PURBALINGGA 4. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.
![]() |
Text
DAFTAR COVER.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (175kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (971kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (596kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (314kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN.pdf Download (361kB) |
Abstract
Ruas jalan Pemalang – Purbalingga merupakan ruas jalan yang memiliki tingkat kecelakaan, tingkat kematian, dan kerugian material akibat kecelakaan tertinggi yaitu 103 kejadian kecelakaan, 18 orang korban meninggal dunia, dan Rp212.750.000,00 besar kerugian material yang ditanggung oleh korban dan pemerintah. Kecepatan kendaraan pada ruas jalan Pemalang – Purbalingga 4 relatif tinggi yaitu kecepatan rata – rata persentil 85 sebesar 56 km/jam sedangkan kecepatan rencana pada ruas jalan tersebut sebesar 50 km/jam, Fasilitas perlengkapan jalan seperti rambu dan penerangan jalan umum memiliki jumlah yang kurang cukup dan kondisi yang kurang baik sehingga perlu dilakukannya inspeksi jalan untuk dapat memberikan usulan peningkatkan keselamatan pada ruas jalan Pemalang – Purbalingga 4. Jalan ini merupakan penghubung antara Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Purbalingga sehingga digunakan sebagai akses menuju pusat Kabupaten Purbalingga oleh banyak kendaraan besar seperti truk dan bus. Ruas jalan yang tidak terlalu lebar serta bentuk geometri jalan yang memiliki tikungan tajam dan turunan terjal karena kondisi geografis pada jalan ini sebagian besar berupa tebing dan jurang. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui survei inventarisasi perlengkapan jalan, kecepatan sesaat, inspeksi keselamatan jalan, dan data bahaya jalan serta menggunakan data sekunder seperti data jaringan jalan dan data kecelakaan tahun 2018 – 2022. Metode penelitian menggunakan pembobotan Daerah Rawan Kecelakaan (DRK), kecepatan sesaat, jarak pandang henti, inspeksi keselamatan jalan, diagram collision, dan bahaya sisi jalan (HIRARC). Solusi pemecahan masalah adalah dengan melakukan penambahan fasilitas perlengkapan jalan serta perbaikan pada jalan atau fasilitas perlengkapan jalan yang mengalami kerusakan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inspeksi, Kecelakaan Lalu Lintas, Fasilitas Perlengkapan Jalan, Bahaya Sisi Jalan |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Jalan |
Depositing User: | LLAJ MTJ 1.12 |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 13:31 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 13:31 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6053 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |