ADITYA BAYU NUGROHO, ADITYA BAYU NUGROHO and NYIMAS ARNITA APRILIA, NYIMAS ARNITA APRILIA and SAM DELI IMANUEL DUDUNG, SAM DELI IMANUEL DUDUNG (2023) PENINGKATAN KESELAMATAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN KARANGMOJO-WONOSARI KM 0,5 – KM 2 DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. PENINGKATAN KESELAMATAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN KARANGMOJO-WONOSARI KM 0,5 – KM 2 DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. pp. 1-15. (Submitted)
![]() |
Text
PENINGKATAN KESELAMATAN LALU LINTAS DI RUAS JALAN KARANGMOJO-WONOSARI KM 0,5 – KM 2 DI KABUPATEN GUNUNGKIDUL.pdf Download (1MB) |
Abstract
Jalan Karangmojo-Wonosari termasuk ke dalam daerah rawan kecelakaan (DRK) dengan jumlah kejadian kecelakaan di tahun 2022 sebanyak 67 kejadian. Lokasi kajian yang diteliti yaitu Jalan Karangmojo-Wonosari Km 0,5 – 2 pada tahun 2022 didapatkan jumlah kejadian kecelakaan sebanyak 17 dan tingkat fatalitas 1 meninggal dunia dan 32 luka ringan. Penelitian ini memiliki tujuan untuk membahas upaya peningkatan keselamatan lalu lintas pada lokasi rawan kecelakaan di Kabupaten Gunungkidul. Dalam menganalisis data digunakan analisis faktor penyebab kecelakaan, analisis kecepatan sesaat, analisis jarak pandang henti, analisis HIRARC (Hazard Identification Risk Assessment and Risk Control). Inventarisasi perlengkapan jalan juga dilakukan untuk mengetahui kurangnya prasarana jalan yang ada di lokasi kajian. Faktor penyebab kecelakaan tertinggi dari ruas Jalan Karangmojo-Wonosari Km 0,5 – 2 yaitu dari faktor manusia dengan perincian kecepatan tinggi sebesar 53% yang didukung dari hasil analisis kecepatan sesaat eksisting untuk sepeda motor memiliki kecepatan 67,5 Km/jam, kendaraan mobil 57,88 Km/jam, kendaraan bus 49,87 Km/jam, kendaraan pikap 57,34 Km/jam, dan kendaraan Truk 48,52 Km/jam. Selain itu, dilanjutkan faktor manusia tidak tertib 23%, lengah 12%, serta mengantuk 12%. Faktor prasarana dengan perincian tidak ada rambu sebesar 60%, tidak ada lampu penerangan 20%. Dalam rangka mengurangi potensi kecelakaan dan tingkat fatalitas, didapatkan rekomendasi usulan penanganan berupa pengadaan dan perbaikan penempatan rambu, pengadaan pita penggaduh, perbaikan APILL warning light, pemeliharaan lingkungan sekitar jalan, dan kampanye sosialisasi keselamatan lalu lintas.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | daerah rawan kecelakaan; fatalitas, kecepatan; hazard; prasarana. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Jalan |
Depositing User: | LLAJ MTJ 1.9 |
Date Deposited: | 01 Apr 2024 03:49 |
Last Modified: | 01 Apr 2024 03:49 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6067 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |