PERENCANAAN JALUR SEPEDA PADA WILAYAH PERKOTAAN UNGARAN DI KABUPATEN SEMARANG GUNA MENDUKUNG SUSTAINABLE URBAN MOBILITY

NIKEN DWIYURI INGGARWATI, NIKEN and ARI ANANDA PUTRI, ARI ANANDA PUTRI and YUS RIZAL, YUS RIZAL (2024) PERENCANAAN JALUR SEPEDA PADA WILAYAH PERKOTAAN UNGARAN DI KABUPATEN SEMARANG GUNA MENDUKUNG SUSTAINABLE URBAN MOBILITY. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
halaman cover.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)
[img] Text
daftar isi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (347kB)
[img] Text
bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (747kB)
[img] Text
bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
bab 6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (325kB)

Abstract

Saat ini penggunaan kendaraan bermotor untuk mobilitas keseharian masyarakat mengalami peningkatan setiap tahunnya yang mengakibatkan penurunan kualitas hidup masyarakat. Bersepeda merupakan salah satu contoh dari penerapan Green Transportation. Kabupaten Semarang khususnya Ungaran belum memiliki jalur untuk pesepeda. Belum tersedianya fasilitas untuk pesepeda menyebabkan terjadinya mix traffic dan tingkat polusi udara di Kabupaten Semarang khususnya Ungaran masuk kedalam kategori tidak sehat dengan indeks kualitas udara sebesar 137 AQI US dan konsentrasi PM 2.5 50 µg/m³ (NOx). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi pola pergerakan pesepeda, merencanakan rute dan desain jalur sepeda, mengidentifikasi kebutuhan prasarana jalur sepeda yang mengusung konsep sustainable urban mobility, dan mengidentifikasi perubahan tingkat pencemaran udara setelah adanya jalur sepeda. Metode dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis pola pergerakan pesepeda, analisis penentuan rute dan desain jalur sepeda, analisis kebutuhan prasarana jalur sepeda yang mengusung konsep sustainable urban mobility, dan analisis perubahan tingkat pencemaran udara. Dari hasil analisis ini dapat diketahui bahwa pergerakan pesepeda terbesar menuju ke Kelurahan Ungaran dan Kelurahan Kalirejo. Ruas jalan yang dapat diterapkan jalur sepeda yaitu ruas Jl. Ahmad Yani 1, Jl. Ahmad Yani 2, Jl. MT Haryono 1, Jl. MT Haryono 2, Jl. MT Haryono 3, Jl. Letjend Suprapto 1, Jl. Letjend Suprapto 2, Jl. Moh Yamin, Jl. KH Hasyim Ashari, Jl. Ungaran - Cangkiran 1, Jl. Ungaran - Cangkiran 2, dan Jl. Jatiraya 1. Desain jalur sepeda yang dapat diterapkan yaitu Bike Lane Tipe C. Fasilitas penunjang yang dapat yang dapat diterapkan yaitu marka hijau, rambu, dan tempat parkir sepeda yaitu tipe rak. Perubahan emisi gas buang dengan adanya penerapan jalur sepeda dan sarana ramah lingkungan dengan skenario rencana mengalami penurunan faktor emisi CO2, CH4, dan N2O skenario optimis sebesar 96%, skenario moderat sebesar 94%, dan skenario pesimis sebesar 90%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Transportasi, Kendaraan Bermotor, Sepeda
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 3 2024
Date Deposited: 02 Sep 2024 03:55
Last Modified: 02 Sep 2024 03:55
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6524

Actions (login required)

View Item View Item