JOAN ADAM MISUKA PRATAMA, JOAN ADAM MISUKA PRATAMA and IRFAN HARDIANSYAH, IRFAN and FAUZI, FAUZI (2024) PENINGKATAN KINERJA LALU LINTAS DI KAWASAN KOMERSIAL GONDANGLEGI KABUPATEN MALANG. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (66kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (154kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (133kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (499kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (129kB) |
Abstract
Kawasan CBD (Central Business District) Gondanglegi merupakan kawasan pusat perdagangan dan ekonomi yang ramai dikunjungi masyarakat yang terletak di Kabupaten Malang. Kawasan CBD merupakan kawasan dengan tingkat pergerakan kawasan dengan tingkat pergerakan lalu lintas yang tinggi karena pada kawasan ini terdapat pasar, pertokoan, pemukiman, dan merupakan jalur menuju destinasi wisata. Pada jam sibuk, sering terjadi peningkatan arus lalu lintas yang dapat menyebabkan kemacetan, dimana hal ini juga diakibatkan belum adanya pengaturan simpang pada simpang tanpa pengendali dan adanya aktivitas parkir di badan jalan. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kinerja ruas, analisis kinerja simpang, analisis konflik, analisis parkir, dan analisis pejalan kaki. Analisis ini dilakukan dengan menggunakan data primer yang didapat dari hasil pengamatan langsung lapangan dan data sekunder yang didapat dari instansi terkait. Analisis kinerja lalu lintas menggunakan aplikasi pemodelan transportasi yaitu PTV. Vissim dengan membandingkan kinerja hasil pemodelan dengan kondisi saat ini. Hasil penelitian dari usulan penataan lalu lintas memberikan peningkatan kinerja lalu lintas. Penataan lalu lintas yang diusulkan berupa peningkatan tipe pengendalian simpang pada simpang tanpa pengendali, optimasi waktu siklus pada simpang bersinyal, penataan parkir dengan perubahan parkir on street menjadi parkir off street, perbaikan dan peningkatan fasilitas pejalan kaki, serta penempatan rambu dan marka jalan. Hal ini dapat dilihat dari nilai tundaan rata-rata dari 28,64 detik/kend menjadi 10,78 detik/kend, nilai kecepatan jaringan dari 25,83 km/jam menjadi 29,22 km/jam, nilai total jarak yang ditempuh dari 6780,5 kendaraan.km menjadi 6350,41 kendaraan.km, dan nilai total waktu perjalanan dari 262,55 kendaraan.jam menjadi 217,3 kendaraan.jam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 2 2024 |
Date Deposited: | 22 May 2025 01:51 |
Last Modified: | 22 May 2025 01:51 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6590 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |