ANALISIS SIMPANG TAK BERSINYAL DALAM UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN PADA SIMPANG KRABYAKAN DI KABUPATEN PACITAN

DIMAS UMAR FAHMI, DIMAS UMAR FAHMI and GIRI HAPSARI, GIRI HAPSARI and ARIEF APRIYANTO, ARIEF APRIYANTO (2024) ANALISIS SIMPANG TAK BERSINYAL DALAM UPAYA PENINGKATAN KESELAMATAN PADA SIMPANG KRABYAKAN DI KABUPATEN PACITAN. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (132kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (68kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (599kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (753kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (63kB)

Abstract

Simpang Krabyakan merupakan simpang tidak bersinyal yang berada di Kabupaten Pacitan. Derajat kejenuhan pada simpang Krabyakan sebesar 0,20, peluang antrian pada simpang Krabyakan sebesar 3-9% dengan tundaan pada Simpang Krabyakan sebesar 7,14 detik/smp. Pada jam sibuk dipagi hari sering terjadi konflik di mulut simpang tersebut. Pada simpang Krabyakan dilakukan evaluasi mengenai kinerja dari simpang dengan menggunakan panduan perhitungan Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia dan didasari dari Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2015 terkait syarat penerapan simpang bersinyal bahwa simpang Krabyakan perlu diterapkannya simpang bersinyal karena jumlah kecelakaan dari tahun 2019 sampai 2023 lebih dari 5 (lima) kejadian setiap tahunnya. Hasil dari analisis menunjukkan alternatif usulan penyelesaian masalah terbaik untuk upaya peningkatan kinerja adalah usulan 1 (satu) yaitu dengan melakukan pengaturan pada waktu siklus dengan penerapan 2 fase, dari penerapan usulan ini didapatkan tundaan sebesar 12,1 det/smp dan panjang antrian rata-rata sebesar 8,1 m. Kemudian alternatif usulan penyelesaian masalah terbaik untuk upaya peningkatan keselamatan adalah usulan 3 (tiga) yaitu dengan melakukan pengaturan pada waktu siklus dengan penerapan 4 fase yang dapat mengurangi konflik pada simpang Krabyakan dan dapat mencegah terjadinya kecelakaan di simpang tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Intersection, Delay, Safety
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: MTJ 13 2024
Date Deposited: 21 May 2025 02:05
Last Modified: 21 May 2025 02:05
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6722

Actions (login required)

View Item View Item