PUTU ELIZA SASTIRA SRI MAHADEVI, ELIZA and R. CAESARIO BOING RACHMAT RAHARJO, BOING and EFENDHI PRIH RAHARDJO, EFENDHI (2024) PENENTUAN TARIF BERDASARKAN PROYEKSI DEMAND ANGKUTAN PEDESAAN DIKABUPATEN KARANGASEM. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (44kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (68kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (69kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (325kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab 6.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
Abstract
Studi ini membahas pentingnya pengembangan angkutan umum di Kabupaten Karangasem, khususnya dalam konteks perubahan dari angkutan desa menjadi angkutan sewa atau carter. Angkutan umum adalah sarana vital bagi masyarakat menengah ke bawah untuk kegiatan sehari-hari. Namun, angkutan desa mengalami pergeseran dan penurunan minat penggunaan karena tarif yang tinggi. Hal ini berdampak pada keberlangsungan finansial dan aspek sosial sopir dan pemilik angkutan desa. Untuk meningkatkan efisiensi dan kesejahteraan pelaku angkutan, diperlukan penyesuaian tarif berdasarkan proyeksi permintaan menggunakan analisis ATP dan WTP. Penelitian ini melibatkan analisis regresi logistik untuk mendukung penentuan tarif yang seimbang dan efektif. Metode pengumpulan data primer melalui survei dan data sekunder dari instansi terkait digunakan untuk menentukan tarif yang sesuai dengan kondisi ekonomi dan kemampuan membayar masyarakat. Langkah-langkah ini diharapkan dapat meningkatkan aksesibilitas angkutan umum dan mengurangi ketergantungan pada subsidi, sehingga mendukung keberlangsungan operasional angkutan umum di Kabupaten Karangasem. Studi ini menemukan bahwa tarif optimal bervariasi untuk setiap trayek, dan proyeksi permintaan memengaruhi kebutuhan subsidi. Skenario pesimis menunjukkan ketergantungan yang tinggi pada subsidi, sementara skenario moderat menunjukkan kemungkinan penurunan ketergantungan tersebut. Skenario optimis menunjukkan potensi peningkatan pendapatan dan surplus pada beberapa trayek. Kata Kunci: Angkutan Umum, Analisis Regresi Logistik, Tarif Angkutan, Proyeksi Permintaan, Analisis ATP dan WTP, Subsidi Angkutan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Angkutan Umum, Analisis Regresi Logistik, Tarif Angkutan, Proyeksi Permintaan, Analisis ATP dan WTP, Subsidi Angkutan. |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 18 2024 |
Date Deposited: | 20 May 2025 01:47 |
Last Modified: | 20 May 2025 01:47 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6849 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |