PERENCANAAN ANGKUTAN PERKOTAAN DI KOTA PALANGKARAYA

ZENDY WAHYU NUGROHO, ZENDY and PANJI PASA PRATAMA, PANJI and ROBERT SIMANJUNTAK, ROBERT (2024) PERENCANAAN ANGKUTAN PERKOTAAN DI KOTA PALANGKARAYA. PERENCANAAN ANGKUTAN PERKOTAAN DI KOTA PALANGKARAYA. (Submitted)

[img] Text
JURNAL_ZENDY WAHYU NUGROHO_PERENCANAAN ANGKUTAN PERKOTAAN DI KOTA PALANGKARAYA.pdf

Download (643kB)

Abstract

Angkutan umum penumpang memiliki peran sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat. Yang dimaksud dengan angkutan umum penumpang meliputi angkutan perkotaan (bus, minibus, van, dll), kereta api, angkutan air, dan angkutan udara. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian mengenai perencanaan trayek angkutan perkotaan di wilayah Kota Palangka Raya yang meliputi penentuan rute, perhitungan jumlah armada, dan perhitungan tarif agar dapat efektif dan efisien sebagai upaya peningkatan aksesibilitas dan mobilitas masyarakat di wilayah perkotaan Kota Palangka Raya. Data dalam penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis data penelitian ini dilakukan dengan menganalisis permintaan angkutan perkotaan, analisis penentuan rute trayek angkutan perkotaan, menganalisis kinerja operasional angkutan perkotaan, analisis biaya operasional kendaraan dan tarif. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan dapat diperoleh Jumlah permintaan terhadap pelayanan angkutan perkotaan dengan rute tetap di Kota Palangka Raya yang diperoleh dari persentase kebersediaan berpindah moda yaitu sebesar 44.850 perjalanan orang/hari. Rencana operasi pada setiap 2 rute adalah: Rute 1 memiliki panjang 11,8 km dengan waktu tempuh 23,60 menit, waktu sirkulasi 54 menit, headway 5,69 menit, frekuensi kendaraan 11 kendaraan/jam, jumlah armada 10 unit, dan jumlah rit per kendaraan 16 rit. Rute 2 panjangnya 15,1 km dengan waktu tempuh 30,20 menit, waktu sirkulasi 69 menit, headway 9,33 menit, frekuensi kendaraan 6 kendaraan/jam, jumlah armada 8 unit, dan jumlah rit per kendaraan 13 rit. Rute 3 memiliki panjang 11,4 km dengan waktu tempuh 22,80 menit, waktu sirkulasi 39 menit, headway 7,64 menit, frekuensi kendaraan 8 kendaraan/jam, jumlah armada 7 unit, dan jumlah rit per kendaraan 17 rit. Biaya Operasional Kendaraan dan tarif pada setiap rute adalah: Rute 1 dengan biaya operasional per km Rp 2.472,84 dan tarif Rp 5.000, Rute 2 biaya operasional per km Rp 2.423,87 dan tarif Rp 6.500, serta Rute 3 biaya operasional per km Rp 2.436,78 dan tarif Rp 5.000.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Angkutan Umum, Perencanaan Angkutan, Penentuan Rute, Kinerja Operasional Angkutan, Biaya Operasional Kendaraan.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TF Railroad engineering and operation
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 4 2024
Date Deposited: 02 Sep 2024 04:57
Last Modified: 02 Sep 2024 04:57
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7193

Actions (login required)

View Item View Item