OPTIMALISASI KINERJA SIMPANG 4 RA.KARTINI DI KOTA SEMARANG

HENDRI AMALIYAH, HENDRI AMALIYAH and AAN SUNANDAR, AAN SUNANDAR and SUMANTRI WIDYA PRAJA, SUMANTRI WIDYA PRAJA (2024) OPTIMALISASI KINERJA SIMPANG 4 RA.KARTINI DI KOTA SEMARANG. OPTIMALISASI KINERJA SIMPANG 4 RA.KARTINI DI KOTA SEMARANG.

[img] Text
JURNAL OPTIMALISASI KINERJA SIMPANG 4 RA.KARTINI DI KOTA SEMARANG.pdf

Download (353kB)

Abstract

Persimpangan merupakan tempat bertemunya arus lalu lintas dari beberapa arah. Pertemuan arus yang mempunyai karakteristik yang berbeda ini dapat menyebabkan kemacetan dan berpotensi terjadi kecelakaan lalu lintas. Seperti salah satu simpang yang berada di Kota Semarang yaitu simpang 4 RA. Kartini. Walaupun sudah dikendalikan dengan APILL tetapi belum bekerja secara maksimal sehingga memerlukan optimalisasi kinerja pada simpang ini. Dalam penelitian ini menggunakan metode Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI 2023) untuk mengukur kinerja pada persimpangan. Analisis yang dilakukan adalah analisis terhadap, derajat kejenuhan, panjang antrian dan tundaan. Dari hasil analisis kondisi eksisting akan dilakukan peningkatan kinerja simpang dengan memberikan usulan-usulan seperti perubahan waktu siklus, perubahan fase, dan perubahan geometrik pada persimpangan dan melakukan perbandingan kondisi eksisting dengan kondisi usulan. Dilakukan peningkatan kinerja persimpangan dengan memilih usulan yang terbaik

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Optimalisasi Simpang, Derajat Kejenuhan, Panjang Antrian Tundaan
Subjects: K Law > K Law (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: MTJ 11 2024
Date Deposited: 03 Sep 2024 06:46
Last Modified: 03 Sep 2024 06:46
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7878

Actions (login required)

View Item View Item