RAFLY RESTU ANUGRAH, RAFLY and I MADE SURAHARTA, I MADE SURAHARTA and WISNU HANDOKO, WISNU HANDOKO (2024) PENERAPAN PRINSIP TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT PADA KAWASAN TERMINAL KALIJAYA DAN STASIUN CIKARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (185kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (152kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (76kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (610kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (350kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (65kB) |
Abstract
Wilayah.Terminal Kalijaya dan Stasiun Cikarang telah direncanakan sebagai area yang pengembangan sistem Transit Oriented Development (TOD) dalam Rencana Tata. Ruang.Wilayah (RTRW) Jawa Barat tahun 2022 – 2042. Kawasan ini menghadapi berbagai permasalahan seperti kemacetan lalu lintas, kepadatan penduduk, serta keterbatasan ruang bagi pejalan kaki dan pengguna kendaraan tidak bermotor. Penerapan..konsep TOD yang mengintegrasikan fungsi lahan dengan sistem transportasi dianggap sebagai solusi efektif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan arahan desain yang menjadi prioritas dalam pengembangan kawasan berbasis TOD serta mengidentifikasi potensi pengembangannya di wilayah Terminal Kalijaya dan Stasiun Cikarang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dengan analisis Multi-Criteria Assessment (MCA). Pembobotan dalam analisis dilakukan menggunakan scorecard analysis yang ditetapkan oleh Institute for Transportation and Development Policy (ITDP) melalui TOD Standard 3.0. Hasil. penelitian menunjukkan kesesuaian antara konsep pengembangan kawasan TOD dengan standar dan kebijakan yang berlaku. Berdasarkan pedoman. ITDP yang berjudul TOD Standard 3.0, terdapat 8 prinsip TOD dengan 21 metrik kinerja penilaian yang harus diterapkan dalam. pengembangan kawasan TOD. Selanjutnya, total poin keseluruhan dihitung untuk menentukan peringkat skor TOD yang diperoleh. Berdasarkan hasil evaluasi, pengembangan Kawasan TOD di Terminal Kalijaya dan Stasiun Cikarang berada pada standar terendah menurut ITDP. Dengan mempertimbangkan karakteristik kawasan tersebut, pengembangan dilakukan melalui kombinasi antara pengembangan ulang (redevelopment sites) dan atau pembangunan tanah kosong pada tanah yang sudah terbangun (infill sites). Arahan pengembangan sistem transit meliputi penyediaan fasilitas pejalan kaki, jalur sepeda, dan fasilitas transit. Kata kunci: integrasi, Transit Oriented Development, pengembangan
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | integrasi, Transit Oriented Development, pengembangan |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 10 2024 |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 07:14 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 07:14 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7904 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |