IQBAL PUTRA RAMADHAN, IQBAL PUTRA RAMADHAN and SUMANTRI WIDYA PRAJA, SUMANTRI WIDYA PRAJA and SITI KHADIJAH KOTO, SITI KHADIJAH KOTO (2024) OPTIMALISASI SIMPANG SAM POO KONG DAN SIMPANG KALIGARANG KOTA SEMARANG. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
HALAMAN COVER.pdf Download (753kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (137kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (110kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (508kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Simpang Sam Poo Kong dan Simpang Kaligarang adalah simpang bersinyal yang terletak pada Jalan Kaligarang. Jalan ini merupakan salah satu akses ke Central Business District (CBD) pada Kota Semarang sehingga volume lalu lintas pada simpang ini padat terutama pada jam sibuk. Permasalahan di kedua simpang ini diperburuk dengan jarak antar simpang yang hanya 360 meter dengan pengaturan waktu siklus yang berbeda. Simpang Sam Poo Kong memiliki kinerja yang buruk yaitu memiliki derajat kejenuhan paling kritis 0,90, Panjang antrian 84,93 meter dan tundaan sebesar 45,95 det/smp. Sementara itu pada Simpang Kaligarang memiliki derajat kejenuhan 0,84, Panjang antrian 132,85 meter dan tundaan sebesar 62,13 det/smp. Oleh karena itu, diperlukan pengaturan pada persimpangan tersebut untuk meningkatkan kinerja persimpangan dengan cara koordinasi persimpangan. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini merujuk pada PKJI 2023, sedangkan analisis lanjutan berupa koordinasi dan pengoptimalan pengaturan sinyal persimpangan menggunakan aplikasi Transyt 16 sebagai model untuk optimalisasi persimpangan guna menemukan pengaturan waktu siklus koordinasi optimal dengan tujuan meningkatkan kinerja lalu lintas di persimpangan. Analisis dilakukan pada tiga periode waktu jam sibuk yaitu pagi, siang, dan sore. Analisis yang telah dilakukan kemudian dibandingkan antara kondisi eksisting dengan koordinasi persimpangan usulan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | derajat kejenuhan, panjang antrian, tundaan, koordinasi simpang |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Jalan |
Depositing User: | MTJ 14 2024 |
Date Deposited: | 25 Apr 2025 04:04 |
Last Modified: | 25 Apr 2025 04:04 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7940 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |