GIDEON PANOGARI SIRAIT, GIDEON and Anasta Wirawan, Anasta and VERONICA, VERONICA (2024) PENATAAN LALU LINTAS DI KAWASAN JATIASIH KOTA BEKASI. PENATAAN LALU LINTAS DI KAWASAN JATIASIH KOTA BEKASI. (Submitted)
![]() |
Text
JURNAL_PENATAAN KAWASAN JATIASIH DI KOTA BEKASI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kota Bekasi memiliki pola jaringan jalan berbentuk spinal yang memiliki banyak persimpangan serta aksesibilitas yang tinggi. Pola jaringan jalan yang kompleks, juga tingginya aktivitas lalu lintas di Kota Bekasi menimbulkan permasalahan lalu lintas seperti tingginya arus lalu lintas, khususnya pada Kawasan Jalan Raya Jatiasih. Salah satu ruas jalan yang mengalami permasalahan adalah Jalan Raya Jatiasih 1 dengan nilai V/C ratio 0.82, kecepatan rata-rata arah masuk dan keluar sebesar 27,14 km/jam, serta kepadatan di ruas Jalan Raya Jatiasih sebesar 93,11 smp/km. Beberapa persimpangan juga mengalami permasalahan, seperti pada Simpang POSPOL KOMSEN yang memiliki kinerja persimpangan yang rendah, dengan panjang antrian 75 m dengan tundaan 39,76, dan derajat kejenuhan sebesar 0,80. Kurangnya fasilitas pejalan kaki, serta banyaknya angkutan umum yang berhenti di badan jalan, juga harus segera ditangani. Karena itu, dari permasalahan tersebut dan data pendukung yang tersedia, dilakukan empat analisis dengan bantuan perangkat lunak PTV Vissim dan Trasyt. Setelah dilakukan analisis, didapatkan kinerja jaringan jalan eksisting Kawasan Jatiasih memiliki tundaan rata-rata 205,85 detik, kecepatan jaringan 16,34 km/jam, total jarak yang ditempuh 20506,66 m, dan total waktu yang ditempuh 1254,93 jam. Usulan penanganan untuk Kawasan Jatiasih berupa perubahan waktu siklus simpang pada Simpang NAGA dan Simpang POSPOL KOMSEN, pemasangan pelican crossing pada ruas Jalan Raya Jatiasih 2 dan Jalan Raya Jatiasih 3, serta pemasangan rambu pada beberapa titik di Kawasan Jatiasih. Setelah diterapkan usulan penanganan, kinerja jaringan jalan Kawasan Jatiasih memiliki tundaan rata-rata 105,85 detik, kecepatan jaringan 27,44 km/jam, total jarak yang ditempuh 21629,92 m, total waktu perjalanan 788,33 jam.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 10 2024 |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 04:46 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 04:46 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/8233 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |