HESA SATRIA ARYA WANGSA, HESA SATRIA ARYA WANGSA and YUS RIZAL, YUS RIZAL and ARI ANANDA PUTRI, ARI ANANDA PUTRI (2024) EVALUASI BUKAAN MEDIAN DAN FASILITAS PUTAR BALIK DI JALAN NASIONAL KABUPATEN SEMARANG (STUDI KASUS JALAN BTS KOTA UNGARAN-BAWEN). Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (82kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (299kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
Abstract
Semakin tahun perkembangan sarana transportasi selalu ditingkatkan guna efisiensi pengguna. Sejalan dengan pemenuhan kebutuhan manusia, mobilitas penduduk kian mengalami peningkatan. Ini berdampak pada meningkatkannya pengguna jalan dalam beraktivitas. Kabupaten Semarang merupakan salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki tingkat pengguna jalan yang semakin tinggi. Jaringan jalan/lalu lintas merupakan salah satu pra-sarana yang disediakan untuk pengguna. Dengan kata lain, jaringan jalan merupakan konsep matematis yang digunakan dirancang sebagai penunjang sistem transportasi. Salah satu jaringan yang membantu perpindahan pengguna adalah u-turn. U-turn atau putar balik membantu pengguna jalan guna keselamatan. Dalam penelitian ini metode analisis yang digunakan adalah analisis kinerja jaringan jalan, analisis kinerja pada fasilitas putar balik, serta analisis dengan pemodelan. Analisis dilakukan dengan menggunakan data primer yang berasal dari lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait, jurnal maupun sumber lain yang dapat menjadi pedoman dalam memecahkan permasalahan di lokasi studi. Untuk analisis dengan pemodelan akan memperoleh hasil berdasarkan usulan yang dibuat. Dari hasil analisis diperoleh hasil usulan penataan bukaan median dengan jarak antar bukaan 500 meter. Dengan penerapan usulan seperti yang dikaji dalam penelitian ini, kinerja jaringan jalan Batas Kota Ungaran-Bawen meningkat. Kinerja jaringan jalan yang dihasilkan berupa tundaan rata rata 183,95 detik/kend, kecepatan jaringan 27,43 km/jam, total jarak perjalanan 2 yang ditempuh 45.140,09 km, dan total waktu perjalanan 1.645 jam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Kinerja jaringan, Fasilitas putarbalik, Vissim |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 14 2024 |
Date Deposited: | 02 Sep 2024 04:15 |
Last Modified: | 02 Sep 2024 04:15 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/8239 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |