APRILIA VETRIA CAHYA PUTIKASARI, VETRIA (2023) PENINGKATAN KINERJA RUAS JALAN ALUH IDUT DI KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (182kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (109kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Download (482kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (136kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (950kB) |
![]() |
Text
BAB 6.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Jalan Aluh Idut memiliki tarikan perjalanan terbesar dimana tata guna lahan pada ruas jalan tersebut adalah perkantoran, pendidikan, dan pertokoan sehingga berdampak pada padatnya volume lalu lintas kendaraan. Ruas Jalan Aluh Idut memiliki tipe jalan 2/2 UD dan terbagi menjadi tiga segmen. Pada segmen satu memiliki hambatan samping tinggi, V/C ratio sebesar 0,77, dan kepadatan 41 smp/km. Kemudian, kapasitas pada Ruas Jalan Aluh Idut segmen satu sebesar 1.388,52 smp/jam dan volume pada ruas jalan tersebut sebesar 1.069,6 smp/jam. Hal tersebut menyebabkan Ruas Jalan Aluh Idut menempati tingkat pelayanan atau Level Of Service (LOS) D. Kondisi semakin buruk ketika lebar efektif jalan berkurang akibat adanya hambatan samping berupa parkir on street di badan jalan dan tidak tersedia fasilitas pejalan kaki. Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dilakukan berbagai tindakan perbaikan kinerja lalu lintas yang berupa penerapan skenario. Skenario tersebut diberikan dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja lalu lintas pada Ruas Jalan Aluh Idut. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini berupa kuantitatif dengan melakukan beberapa survei, seperti survei inventarisasi ruas jalan, survei pencacahan lalu lintas, survei patroli parkir, dan survei pejalan kaki. Skenario terbaik yang diperoleh untuk meningkatkan kinerja Ruas Jalan Aluh Idut berupa penyediaan fasilitas pejalan kaki dan parkir off street. Berdasarkan skenario tersebut diperoleh V/C ratio terbaik yaitu 0,53 yang sebelumnya 0,77. Kecepatan terbaik 33,17 km/jam yang pada kondisi eksisting sebesar 25,99 km/jam dan kepadatan terbaik 32,24 smp/km yang sebelumnya memiliki kepadatan sebesar 41 smp/km. Kemudian, berdasarkan usulan tersebut diperoleh tingkat pelayanan atau Level Of Service (LOS) pada Ruas Jalan Aluh Idut yaitu C.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan, Kapasitas, Volume, Kepadatan, V/C ratio, Level Of Service, Parkir On Street, Pejalan Kaki, Parkir Off Street. |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Jalan |
Depositing User: | LLAJ MTJ 1.6 |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:04 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:04 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/5006 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |