PERENCANAAN RUTE FEEDER BATIK SOLO TRANS (BST) DARI TERMINAL PALUR KE TERMINAL KARANGPANDAN DI KABUPATEN KARANGANYAR

FIGO AMMAR SURYA ARJUNE, FIGO (2023) PERENCANAAN RUTE FEEDER BATIK SOLO TRANS (BST) DARI TERMINAL PALUR KE TERMINAL KARANGPANDAN DI KABUPATEN KARANGANYAR. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.

[img] Text
COVER 1-2.pdf

Download (80kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (66kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (190kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (59kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan rute feeder Batik Solo Trans dari Terminal Palur ke Terminal Karangpandan (BST) di Kabupaten Karanganyar. Pertumbuhan jumlah kendaraan pribadi meningkat secara signifikan. Namun, tidak memadainya fasilitas angkutan umum dan banyaknya trayek angkutan umum yang mati seringkali menjadi alasan utama masyarakat untuk tetap menggunakan kendaraan pribadi. Maka penulis melakukan penelitian mengenai perencanaan rute feeder Batik Solo Trans dari Terminal Palur ke Terminal Karangpandan (BST) di Kabupaten Karanganyar yang bertujuan untuk mengetahui permintaan angkutan umum, jenis kendaraan, jumlah armada, Biaya Operasional Kendaraan dan usulan tarif angkutan umum yang sesuai di Kabupaten Karanganyar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis permintaan, metode penentuan rute, dan analisis operasi kendaraan. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari hasil survei di lapangan dan data sekunder yang diperoleh dari instansi terkait. Hasil analisis dari penelitian ini menunjukkan bahwa demand aktual angkutan umum sebesar 698 orang/hari pada zona wilayah kajian, dengan minat perpindahan orang dari kendaraan pribadi ke angkutan umum sebesar 6088 orang/hari dan demand potensial angkutan umum sebesar 6786 orang/hari. Jenis kendaraan yang digunakan adalah MPU dengan kapasitas 12 tempat duduk pada awal pengoperasian. Jumlah armada menurut permintaan potensial adalah 54 kendaraan. Biaya BOK/km adalah Rp. 2.000,- dan usulan tarif penumpang untuk angkutan feeder BST sekali jalan adalah Rp. 6.500,-.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: feeder, demand, BOK, tarif.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: LLAJ MTJ 1.14
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:05
Last Modified: 10 Jul 2024 04:05
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/5038

Actions (login required)

View Item View Item