INDY RANI MARSHELLIA PUTRI, INDY RANI (2023) MANAJEMEN PARKIR PADA KAWASAN PASAR ILIR MUARADUA DI KABUPATEN OGAN KOMERING ULU SELATAN. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.
![]() |
Text
HALAMAN COVER.pdf Download (151kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (241kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (143kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (630kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only until 18 September 2030. Download (551kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 18 September 2030. Download (201kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 18 September 2030. Download (944kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only until 18 September 2030. Download (134kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 18 September 2030. Download (458kB) | Request a copy |
Abstract
Pada penelitian ini penulis mengambil studi kasus mengenai manajemen parkir pada kawasan Pasar Ilir Muaradua di Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan yang berada di Jalan Jenderal Sudirman. Tidak adanya fasilitas parkir menyebabkan masyarakat parkir di badan jalan (on street) yang menyebabkan terjadinya konflik antara kendaraan yang melintas dengan kendaraan yang parkir di badan jalan (on street). Parkir on street yang diterapkan pada kedua sisi jalan yaitu sudut 600 untuk jenis kendaraan mobil dan 900 untuk jenis kendaraan sepeda motor. Teknik analisis data yang dilakukan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan studi deskriptif analisis. Berdasarkan hasil analisis pada kondisi eksisting parkir ruas Jalan Jenderal Sudirman Kawasan Pasar Ilir Muaradua diketahui bahwa waktu puncak parkir sepeda motor dengan pola sudut 90° adalah pada pukul 06.45-07.00 WIB dengan volume kendaraan sebanyak 159 kendaraan dan untuk waktu puncak parkir mobil dengan pola sudut 60° adalah pada pukul 09.15-09.30 WIB dengan volume kendaraan sebanyak 37 kendaraan sedangkan untuk waktu puncak parkir pikap dengan pola sudut 60° adalah pada pukul 07.30-07.45 dengan volume kendaraan sebanyak 16 kendaraan. Kebutuhan ruang parkir untuk sepeda motor adalah 77 SRP, mobil 15 SRP dan pikap 5 SRP. Dari hasil analisis pejalan kaki menyusuri dan menyeberang untuk fasilitas penyeberangan dibuatkan pelican crossing pada Jalan Jenderal Sudirman 2 dan untuk fasilitas pejalan kaki menyusuri bagian kiri dan kanan yaitu melakukan pengadaan trotoar dengan lebar 1,5 meter. Rekomendasi pertama yaitu pengoptimalan sudut dengan merubah sudut sepeda motor menjadi 90°, mobil dan pikap menjadi 0° dan untuk rekomendasi ke 2 yaitu dengan pengalihan parkir on street menjadi parkir on street dengan kebutuhan ruang parkir sebesar 368 m2 . Setelah dilakukan manajemen parkir berupa 2 rekomendasi penataan parkir, kinerja ruas Jalan Jenderal Sudirman mengalami peningkatan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Parkir, on street, off street, kinerja ruas jalan, optimalisasi sudut, fasilitas pejalan kaki, |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Jalan |
Depositing User: | LLAJ MTJ 1.10 |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:24 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:24 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/5351 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |