PENINGKATAN KINERJA RUAS JALAN JAWA DI KABUPATEN JEMBER

SHANIA JANIVA PUTRI, SHANIA (2023) PENINGKATAN KINERJA RUAS JALAN JAWA DI KABUPATEN JEMBER. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
COVER .pdf

Download (135kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (172kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (92kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (837kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (645kB)
[img] Text
.BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (530kB)

Abstract

Ruas Jalan Jawa yang memiliki permasalahan seperti kapasitas ruas jalan rendah, V/C Ratio sebesar 0,79 dengan tingkat pelayaan kierja ruas jalanya yaitu D, serta kecepatan sebesar 25 km/jam. Hambatan samping pada Jalan Jawa tinggi karena adanya parkir dibadan jalan dan pedagang kaki lima yang berjualan pada badan jalan pada jalan Jawa. Selain itu kurang optimalnya kinerja lalu lintas dengan adanya pedagang kaki lima yang menggunakan trotoar untuk berjualan membuat kegiatan pejalan kaki yang menggunakan badan jalan tidak tertata baik itu dalam menyusuri maupun menyebrang jalan, dan kurangnya fasilitas penyebrangan jalan pada jalan tersebt seperti zeba cross yang sudah mulai pudar. Data yang di kumpulkan dalam penulisan penelitian ini ada dua jenis data, yaitu data primer dan juga data sekunder. Data primer adalah data yang diambil langsung melalui survey di lapangan, sedangkan data sekunder adalah data yang didapat dari instansi atau Lembaga pemerintah terkait. Metode analisis data yang dilakukan yaitu pengukuran kinerja lalu lintas ,analisis parkir, dan analisisi pejalan kaki menyusuri dan menyebrang. Dari hasil analisis yang di lakuakan Rekomendasi dan Penanganan yang diusulkan untuk peningkatan kinerja ruas jalan pada jalan Jawa adalah pemindahan sudut parkir dari 30 o menjadi 0 o dan penertiban parkir oleh dinas setempat, penertiban kepada pedagang kaki lima serta pemberian asilitas penyebrangan jalan berupa fasilitas penyebrangan dengan Pelican Crossing. Berdasarkan tabel perbandingan terhadap kinerja ruas jalan, Penanganan pada kinerja ruas jalan adalah dengan merubah sudut parkir dari 30 o menjadi 0 o serta merelokasi PKL . Didapat nilai kapasitas ruas jalan sebesar 3117,5, V/C Ratio 0,58, Kecepatan 36,85 Km/ Jam, dan, Kepadatan 48,74 Smp/ Jam, dan tingkat pelayanan meningkat menjadi C.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kinerja Ruas Jalan, Kapasitas, Volume, Kecepatan, kepadatan, Tingkat Pelayanan, Pejalan Kaki, Parkir
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: LLAJ MTJ 1.11
Date Deposited: 07 Nov 2024 02:41
Last Modified: 07 Nov 2024 02:41
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/5771

Actions (login required)

View Item View Item