HARIS MUNANDAR, HARIS MUNANDAR and FEBRI NUR PRASETYO, FEBRI NUR PRASETYO and JOHNY NELSON PANGARIBUAN, JOHNY NELSON PANGARIBUAN (2024) PERENCANAAN TERMINAL ANGKUTAN BARANG DI KABUPATEN BANJAR. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (85kB) |
![]() |
Text
Daftar isi.pdf Download (103kB) |
![]() |
Text
Bab 1.pdf Download (197kB) |
![]() |
Text
Bab 2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (481kB) |
![]() |
Text
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (625kB) |
![]() |
Text
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
Bab 6.pdf Download (94kB) |
Abstract
Meningkatnya pertumbuhan ekonomi dapat dilihat dari mobilitas angkutan barang di Kabupaten Banjar yang cukup tinggi dengan pola pergerakan barang yang menggunakan transportasi darat dengan memanfaatkan prasarana jalan untuk mengirimkan barang dari produsen ke konsumen. Hal ini menyebabkan banyak ditemukan parkir dan bongkar muat di pinggir jalan yang dapat mengurangi kinerja ruas jalan dan terjadinya pengurangan lebar efektif jalan dalam berlalu lintas. Menurunnya kinerja ruas jalan dapat dilihat pada ruas jalan yang dilalui oleh angkutan barang contohnya pada ruas Jalan Gubernur Syarkawi – Gambut yang memiliki derajat kejenuhan di atas 0,35 dan kecepatan 43,68 dengan nilai LOS E. Analisa awal dilakukan dengan melakukan analisa titik koordinat perusahaan ke Central Business District (CBD), analisa penentuan titik lokasi kandidat dengan menggunakan metode Gravity Location Model analisa kriteria dengan menggunakan metode Gravity Location Model dengan kriteria biaya transportasi dan Composite Performance Indeks (CPI) dengan kriteria kinerja ruas jalan (kapasitas, V/C Ratio dan kecepatan), aksesibilitas (jarak ke Pusat Kota dan Pusat Perdagangan, serta kedekatan dengan batas kordon luar pintu keluar masuk Kabupaten Banjar), kelestarian lingkungan dan biaya investasi awal (harga tanah/m2). Berdasarkan analisa yang dilakukan, maka didapatkan 3 lokasi kandidat yaitu lokasi kandidat 1 di Jalan Gubernur Syarkawi, lokasi kandidat 2 dan 3 di Jalan A. Gubernur Subardjo. Kemudian berdasarkan analisis 6 kriteria yakni analisis kinerja ruas jalan, analisis aksesibilitas, analisis total biaya, analisis kelestarian lingkungan dan analisis biaya investasi awal, didapatkan lokasi terpilih yakni pada lokasi kandidat 1 yaitu di Jalan Gubernur Syarkawi dengan derajat kejenuhan setelah adanya pembangunan terminal barang yaitu 0,37 dan kecepatan 40,65. Pemerintah Derah Kabupaten Banjar dapat menggunakan hasil analisis dari penelitian untuk rencana lokasi terminal angkutan barang sebagai bahan pertimbangan untuk pembangunan terminal barang di masa yang akan datang sebagai tempat peristirahatan pengemudi, kegiatan bongkar muat, tempat parkir demi untuk menciptakan arus pergerakan barang di Kabupaten Banjar yang aman, efektif dan efisien.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Goods Transportation; Central Business District (CBD); Gravity Location Model; Criteria; Freight Terminal. |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 6 2024 |
Date Deposited: | 27 May 2025 03:50 |
Last Modified: | 27 May 2025 03:50 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6249 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |