PERENCANAAN RUTE AMAN SELAMAT SEKOLAH BERDASARKAN JARAK DAN WAKTU TEMPUH DI KOTA PROBOLINGGO (STUDI KASUS: KECAMATAN KEDOPOK

ALFIN RAMADHAN, ALFIN RAMADHAN and BOBBY AGUNG HERMAWAN, BOBBY AGUNG HERMAWAN and EDI SANTOSA, EDI SANTOSA (2024) PERENCANAAN RUTE AMAN SELAMAT SEKOLAH BERDASARKAN JARAK DAN WAKTU TEMPUH DI KOTA PROBOLINGGO (STUDI KASUS: KECAMATAN KEDOPOK. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (194kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (97kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (652kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (81kB)

Abstract

Salah satu hal yang dapat mendukung proses pembelajaran siswa yaitu sarana dan prasarana transportasi yang aman dan selamat serta dapat menghubungkan rumah siswa menuju sekolah. Namun, dalam Rencana Strategis (Renstra) Dinas Perhubungan Kota Probolinggo tahun 2019-2024 disebutkan bahwa masih kurangnya penyediaan sarana, prasarana dan kelengkapan jalan guna meningkatkan angka keselamatan berkendara dijalan. Tujuan dari penelitian ini yaitu menentukan rute perjalanan yang dapat memberikan rasa aman dan selamat bagi siswa untuk pergi dari rumah ke sekolah yang berlokasi di Kecamatan Kedopok. Dilakukan wawancara terhadap siswa SDN 1 Kedopok, SD SMP Integral Hidayatullah, dan SMKN 1 Probolinggo untuk mendapatkan Origin Destination (OD Matriks) yang digunakan untuk melihat persebaran siswa yang terbagi menjadi 17 zona berdasarkan kelurahan di Kota Probolinggo. Konsep Rute Aman Selamat Sekolah (RASS) dibuat berdasarkan jarak yang lebih dekat dan waktu tempuh yang singkat untuk pejalan kaki dan pesepeda serta rute angkutan umum berdasarkan trayek eksisting. Kebutuhan fasilitas pejalan kaki yang direkomendasikan yaitu berupa trotoar pada segmen ruas Jalan Bengawan Solo 2, Jalan Mastrip 1 dan Jalan Mastrip 2 dan zebra cross untuk penyeberangan pada ruas Jalan Mastrip. Fasilitas pesepeda yang diusulkan yaitu jalur sepeda tipe C di badan jalan pada ruas Jalan Mastrip 1, Jalan Mastrip 2, Jalan KH Wahid Hasyim, dan Jalan Anggur. Fasilitas drop zone/pick up point disediakan di masing-masing sekolah, serta penambahan 2 halte pada ruas Jalan Mastrip yang berdekatan dengan SDN 1 Kedopok, dan SD SMP Integral Hidayatullah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Rute; Aman Selamat; Pejalan Kaki; Pesepeda; Fasilitas.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 5 2024
Date Deposited: 21 May 2025 02:08
Last Modified: 21 May 2025 02:08
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6702

Actions (login required)

View Item View Item