SANDIEGO PATRIO PASARIBU, SANDIEGO PATRIO PASARIBU and GLORIANI NOVITA CHRISTIN, GLORIANI NOVITA CHRISTIN and M. POPIK MONTANASYAH, M. POPIK MONTANASYAH (2024) MANAJEMEN REKAYASA LALU LINTAS DI KAWASAN PASAR CIKAMPEK KABUPATEN KARAWANG. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (259kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (178kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (139kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (484kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (252kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas adalah serangkaian usaha dan kegiatan yang meliputi perencanaan, pengadaan, pemasangan, pengaturan, dan pemeliharaan fasilitas perlengkapan jalan dalam rangka mewujudkan, mendukung dan memelihara keamanan, keselamatan, ketertiban dan, kelancaran lalu lintas (Peraturan Menteri Perhubungan RI No 96 Tahun 2015 tentang Pedoman Pelaksanaan Kegiatan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas, 2015a). Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengidentifikasi kinerja lalu lintas di kawasan Pasar Cikampek serta mencari penyelesaian masalah lalu lintas yang ada di kawasan Pasar Cikampek, guna meningkatkan kinerja lalu lintas pada kawasan Pasar Cikampek, Kabupaten Karawang. Kondisi jaringan jalan eksisting di kawasan Pasar Cikampek masih terdapat pedagang yang berjualan di badan jalan, dan masih terdapat parkir on street yang mengurangi kapasitas jalan sehingga menimbulkan permasalahan lalu lintas berupa kemacetan dengan tundaan rata-rata 61,32 detik, kecepatan rata-rata 20,57 km/jam, total jarak perjalanan 4979,56 kend-km, dan total waktu perjalanan 354,24 kend-jam. Untuk itu, diperlukan Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas (MRLL) sebagai upaya mengatasi masalah tersebut. Rekomendasi usulan penanganan direncanakan sesuai dengan kondisi dan hasil analisis. Dari hasil analisis, diperoleh peningkatan kinerja jaringan setelah rekomendasi pilihan terbaik dengan tundaan rata-rata menjadi 41,74 detik, kecepatan jaringan 25,27 km/jam, total jarak yang ditempuh menjadi 5050,24 kend-km, dan total waktu perjalanan 304,3 kend-jam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | penataan lalu lintas, kinerja lalu lintas, pemodelan transportasi, perlengkapan jalan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 9 2024 |
Date Deposited: | 20 May 2025 01:39 |
Last Modified: | 20 May 2025 01:39 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6875 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |