RIZKI JANUARDO, RIZKI JANUARDO and WILLIAM SENO, WILLIAM SENO and MOHAMMAD SUGIARTO, MOHAMMAD SUGIARTO (2024) PENINGKATAN KESELAMATAN DI DAERAH RAWAN KECELAKAAN KABUPATEN TANGGAMUS JALAN RAYA KOTA AGUNG – BENGKUNAT (SEGMEN 1) KM 8 – KM 9. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (441kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (343kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (451kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (475kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Ruas Jalan Kota Agung-Bengkunat segmen 1 memiliki panjang 8,9 km dengan tipe 2/2 TT. Pada ruas jalan ini juga terdapat beberapa masalah seperti perkerasan jalan yang rusak , kurangnya rambu-rambu, serta tidak adanya alat penerangan jalan. tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keselamatan pada ruas Jalan Kota Agung-Bengkunat (segmen 1) km 8 – km 9. Metode penilaian risiko adalah metode yang dipakai untuk mengidentifikasi risiko melalui analisis dan evaluasi risiko untuk menentukan besarnya suatu risiko dengan mempertimbangkan kemungkinan terjadi dan besarnya akibat yang ditimbulkan. Berdasarkan hasil analisis dapat ditentukan peringkat risiko sehingga dapat dilakukan penilaian risiko yang memiliki dampak besar terhadap pengguna jalan dan risiko yang ringan atau dapat diabaikan. Setelah mengidentifikasi bahaya dan risiko pada ruas Jalan Kota Agung-Bengkunat (segmen1) km 8 – km 9 dengan menerapkan metode Hazard Identification Risk Asessment and Risk Control (HIRARC), maka didapatkan pengendalian dan peniliaian seperti berikut pengadaan alat penerangan jalan, penambalan jalan, pengadaan pagar pengaman jalan, perlu pengadaan, pengendalian dan pergantian rambu sepanjang ruas Jalan Kota Agung-Bengkunat (segmen 1) km 8 – km 9. Ruas Jalan Kota agung-Bengkunat (segmen 1) km 8 – km 9 memiliki persentase risk level extreme sebesar 4%, level high sebesar 32%, level moderate sebesar 46%, level low sebesar 14%. Setelah dilakukan pengendalian risiko, maka untuk hazard level extreme sebesar 0%, level high sebesar 0%, level moderate sebesar 16% dan level low sebesar 82%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keselamatan Jalan, Kecelakaan Lalu Lintas, HIRARC |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Jalan |
Depositing User: | MTJ 5 2024 |
Date Deposited: | 14 May 2025 04:00 |
Last Modified: | 14 May 2025 04:00 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7229 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |