RUSYDA NUR SETYA AGUSTIN, RUSYDA and DANI HARDIANTO, DANI HARDIANTO and VERONICA, VERONICA (2024) PENATAAN ULANG JARINGAN TRAYEK ANGKUTAN UMUM DI KOTA BANJAR. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (148kB) |
![]() |
Text
BAB 1.pdf Download (64kB) |
![]() |
Text
BAB 2.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
![]() |
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
![]() |
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB 6.pdf Download (120kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (56kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) |
Abstract
Kegiatan perjalanan yang dilakukan di Kota Banjar ini dapat dikatakan cukup besar mengingat beberapa jalan nasional yang ada di Kota Banjar merupakan jalan penghubung antara provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah. Untuk operasional angkutan umum di Kota Banjar memiliki trayek angkutan umum sebanyak 8 trayek aktif dengan armada sejumlah 121 armada yang aktif dan masih beroperasi, selain itu berdasarkan survey yang sudah dilakukan terdapat hasil berupa load factor sebesar 28%, headway rata-rata 10-15 menit, nisbah sebesar 8%, dan presentase tumpang tindih diatas 50%, dapat disimpulkan bahwa minat masyarakat yang minim dalam menggunakan angkutan umum. Pada penataan ulang jaringan trayek angkutan umum di Kota Banjar difokuskan pada penilaian angkutan umum yang ada pada saat ini, tingkat permintaan angkutan umum, serta menata jaringan trayek. Metode yang digunakan pada penataan ulang jaringan trayek ini adalah pembebanan lalu lintas menggunakan aplikasi PTV Visum untuk menentukan trayek usulan terbaik. Setelah ditemukan trayek usulan terbaik maka selanjutnya pengkajian kinerja jaringan dan kinerja operasional angkutan umum usulan tersebut. Untuk langkah terakhir dari analisisnya yaitu perbandingan antara kinerja trayek eksisting dan kinerja trayek usulan dengan standar pelayanan minimal angkutan umum. Maksud dari dilakukannya penelitian ini agar nantinya transportasi di Kota Banjar ini menjadi lebih baik dan disesuaikan dalam kebutuhan dan permintaan. Selain itu juga untuk meningkatkan kinerja pelayanan angkutan umum di Kota Banjar. Setelah dilakukan pengkajian kinerja ulang maka dapat diketahui bahwa perbandingan dengan standar pelayanan minimal, kinerja operasional dan jaringan trayek angkutan umum usulan menjadi lebih baik. Dari 8 trayek usulan, hanya 1 trayek yang belum memenuhi standar untuk frekuensi semua trayek telah memenuhi standar pelayanan minimal untuk waktu perjalanan, faktor muat (load factor) dan tingkat tumpang tindih.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Route, Rearrangement, Demand, Public Transport, Performance. |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Jalan |
Depositing User: | MTJ 16 2024 |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 02:10 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 02:10 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7870 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |