LALU OCTAVIAN DIANDRA PUTRA, LALU OCTAVIAN DIANDRA PUTRA and WIJIANTO, WIJIANTO and HARDJANA, HARDJANA (2024) EVALUASI KINERJA RUAS JALAN KAPUAS DI KOTA MADIUN. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARATA INDONESIA - STTD.
![]() |
Text
HALAMAN COVER.pdf Download (149kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (191kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (106kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (661kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (369kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (983kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (60kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (302kB) |
Abstract
Penelitian ini berjudul “Evaluasi Kinerja Ruas Jalan Kapuas di Kota Madiun” bertujuan untuk menganalisis dan memberikan rekomendasi terkait kinerja lalu lintas di ruas Jalan Kapuas, yang merupakan jalan utama di pusat perdagangan Kota Madiun. Dengan panjang 600 meter dan lebar 7 meter, jalan ini mengalami masalah lalu lintas signifikan akibat pertumbuhan jumlah kendaraan dan aktivitas perdagangan, seperti penyalahgunaan trotoar oleh pedagang kaki lima dan parkir liar. Hasil analisis menunjukkan bahwa ruas Jalan Kapuas memiliki derajat kejenuhan rata-rata 0,72, kecepatan rata-rata 23,02 km/jam, dan kepadatan 68,23 smp/km, yang mengindikasikan kinerja yang buruk. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data primer dan sekunder, termasuk survei lalu lintas dan pejalan kaki. Volume parkir mencapai 96 mobil dan 396 motor dalam survei 12 jam. Rekomendasi untuk meningkatkan kinerja jalan meliputi peniadaan parkir liar, penertiban penggunaan trotoar, dan relokasi pedagang kaki lima. Usulan terbaik adalah relokasi pedagang kaki lima ke Pasar Sleko, yang dapat meningkatkan kecepatan hingga 53,04 km/jam dan menurunkan kepadatan menjadi 29,60 smp/km. Selain itu, penataan parkir dan relokasi PKL berhasil meningkatkan kapasitas jalan dari 2167,2 smp/jam menjadi 2368,8 smp/jam, menurunkan V/C Ratio dari 0,72 menjadi 0,66, dan meningkatkan kecepatan rata-rata dari 23,02 km/jam menjadi 38 km/jam. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas pelayanan jalan dan mendukung pertumbuhan ekonomi di Kota Madiun. Kesimpulan menunjukkan bahwa manajemen lalu lintas yang baik dapat meningkatkan kinerja lalu lintas. Saran termasuk penertiban parkir liar, peningkatan fasilitas pejalan kaki, dan relokasi PKL.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kinerja lalu lintas, Jalan Kapuas, parkir liar, pedagang kaki lima, relokasi |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Jalan |
Depositing User: | MTJ 12 2024 |
Date Deposited: | 28 Apr 2025 02:09 |
Last Modified: | 28 Apr 2025 02:09 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7880 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |