DESKA ULIYANI, DESKA ULIYANI and WISNU HANDOKO, WISNU HANDOKO and AHYANI, AHYANI (2024) Analisa Peningkatan Kinerja Pelabuhan Penyeberangan Kuala Tungkal Provinsi Jambi. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
Cover.pdf Download (243kB) |
![]() |
Text
Daftar Isi.pdf Download (371kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (306kB) |
![]() |
Text
BAB II GAMBARAN UMUM.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III TINJAUAN PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
![]() |
Text
BAB IV METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (584kB) |
![]() |
Text
BAB V ANALISIS DAN PEMECAHAN MASALAH.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
![]() |
Text
BAB VI KESIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Registered users only Download (297kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
Abstract
Kinerja maksimal suatu pelabuhan dapat dicapai jika pelabuhan didukung oleh fasilitas yang memadai, sumber daya manusia yang professional dan sistem manajemen yang baik. Kinerja Pelabuhan Penyeberangan Kuala Tungkal saat ini akan mempengaruhi peningkatan jumlah penumpang dan kendaraan dimasa mendatang sebagaimana peningkatan tahun 2019–2023 sebesar 380,1% penumpang dan 334% kendaraan. Fasilitas dan pelayanan yang tersedia belum memadai dimana masih terdapat penumpang yang menunggu di sekitar pelataran terminal dan area gangway, adanya penumpukan kendaraan, area loket masih tergabung, dan standar pelayanan yang diterapkan belum memadai. Berdasarkan hasil penelitian, Kinerja Pelabuhan saat ini mencapai nilai 58,86 (sedang), Modal Interaction Matrix sebesar -133,3 (cukup), Trip Segment Analysis pejalan kaki menggunakan motor lebih lama dari pada mobil serta tingkat kesesuaian pelayanan sebesar 64,51%. Upaya peningkatan kinerja yaitu dengan memberikan rekomendasi deskriptif, pemenuhan kebutuhan fasilitas terminal penumpang, lapangan parkir, loket tollgate dan jembatan timbang, pemenuhan kebutuhan pelayanan berdasarkan hasil kuadran I dan kuadran III, peningkatan fasilitas pejalan kaki dengan memberikan fasilitas pelindung berupa atap dan rambu, menyediakan informasi pelayanan berupa Denah/Layout, tarif dan informasi angkutan lanjutan serta penataan fasilitas dengan sistem zonasi. Kinerja Pelabuhan setelah dilakukan upaya peningkatan menjadi 60,20 (baik), Modal Interaction Matrix sebesar -61,90 (baik). Rencana peningkatan pelayanan 5 Tahun mendatang dengan prediksi permintaan sebesar 104.591 penumpang dan 14.891 Kendaraan campuran dengan kebutuhan fasilitas Terminal Penumpang sebesar 738 m2, Lapangan Parkir Siap Muat sebesar 1.285 m2, dan Lapangan Parkir Pengantar/ Penjemput sebesar 481 m2.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan, Kinerja, Pelabuhan |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar 1 2024 |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 01:51 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 01:51 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/8081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |