PENINGKATAN KINERJA RUAS JALAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG (STUDI KASUS JALAN PANGERAN ANTASARI)

MUHAMMAD NICO ADITYA BANGSAWAN, NICO ADITYA and AHMAD WAHYUDI, AHMAD WAHYUDI and RICKO YUDHANTA, RICKO YUDHANTA (2024) PENINGKATAN KINERJA RUAS JALAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG (STUDI KASUS JALAN PANGERAN ANTASARI). Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (322kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (5MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (95kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (62kB)

Abstract

Jalan Pangeran Antasari merupakan jalan arteri sekunder yang menghubungkan pusat Kota Bandar Lampung dengan bagian sub kota dengan panjang ruas jalan 3 km ruas jalan ini merupakan salah satu jalan yang sibuk di Kota Bandar Lampung. Ruas Jalan Pangeran Antasari memiliki volume tertinggi 2394 smp/jam dengan kecepatan 30 km/jam serta memiliki derajat kejenuhan sebesar 0,69 selain itu pada ruas Jalan Pangeran Antasari terdapat 7 fasilitas putar balik yang mempengaruhi kinerja ruas jalan dengan menimbulkan antrian dan tundaan pada ruas jalan. Metode yang dilakukan pada penelitian ini adalah dengan melakukan evaluasi kinerja ruas jalan pada kondisi nyata dan melakukan simulasi menggunakan aplikasi vissim untuk menemukan jarak ideal fasilitas putar balik pada ruas Jalan Pangeran Antasari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kinerja ruas Jalan Pangeran Antasari dengan menata jarak antara fasilitas putar balik yang terdapat pada ruas jalan yang diteliti dengan membandingkan kinerja jaringan eksisting dengan model pada aplikasi vissim. Hasil yang di dapatkan dari simulasi model vissim dengan jarak fasilitas putar balik 800 meter didapatkan kinerja jaringan dengan tundaan rata–rata 24,86 detik/kendaraan, kecepatan rata-rata 35 km/jam, total jarak tempuh 34049,05 km-kendaraan, dan total waktu perjalanan 990 jam-kend.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Ruas Jalan, Fasilitas Putar Balik, Kinerja Jaringan
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 6 2024
Date Deposited: 14 Apr 2025 03:20
Last Modified: 14 Apr 2025 03:20
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/8383

Actions (login required)

View Item View Item