PENINGKATAN KESELAMATAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN KALIURANG DI KABUPATEN SLEMAN (STUDI KASUS : KM 4 – KM 5,6)

IFNI KHUSNUL LATIFAH, IFNI and JOHNY NELSON PANGARIBUAN, MH, JOHNY NELSON PANGARIBUAN, MH and MARSONO YUGIHARTIMAN, M.Sc, MARSONO YUGIHARTIMAN, M.Sc (2022) PENINGKATAN KESELAMATAN LALU LINTAS PADA RUAS JALAN KALIURANG DI KABUPATEN SLEMAN (STUDI KASUS : KM 4 – KM 5,6). Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.

[img] Text
IFNI KHUSNUL LATIFAH_1902150_3.13_MTJ.pdf

Download (15MB)
Official URL: http://digilib.ptdisttd.ac.id/

Abstract

Kaliurang Road is a Provincial Road with the function of a primary collector road which has a road length of 26.09 km and a road type of 4/2 UD with the second highest number of accidents in Sleman Regency. Based on accident data obtained from the Sleman District Police, in 2021 there were 105 accidents that occurred on Jalan Kaliurang. The high number of accidents that occur causes problems, so the researcher wants to identify the factors that cause accidents on the Kaliurang road, make a design proposal for safe road repairs on the Kaliurang road and provide recommendations for handling efforts to improve safety in accident-prone locations. In this study using primary data, namely road equipment data, speed survey data, user behavior data. While the secondary data is 1 year accident data, and accident chronology data. The results of the study are the human factor causing the highest accident due to the speed of the rider who exceeds the maximum speed limit. Meanwhile, the infrastructure factor that causes traffic accidents is the ineffective function of road equipment facilities. Keywords: High Accident, Road Repair, Safety Improvemen Jalan Kaliurang merupakan Jalan Provinsi dengan fungsi jalan kolektor primer yang memiliki panjang jalan 26,09 km dan tipe jalan 4/2 UD dengan jumlah terjadinya kecelakaan tertinggi kedua di Kabupaten Sleman. Berdasarkan data kecelakan yang diperoleh dari Polres Kabupaten Sleman pada tahun 2021 kejadian kecelakaan yang terjadi pada ruas Jalan Kaliurang sebanyak 105 kejadian. Tingginya kecelakaan yang terjadi menyebabkan timbulnya permasalahan, sehingga peneliti ingin mengidentifikasi faktor penyebab terjadinya kecelakaan pada ruas jalan Kaliurang, membuat desain usulan perbaikan jalan yang berkeselamatan pada ruas jalan Kaliurang dan memberikan rekomendasi penanganan upaya peningkatan keselamatan pada lokasi rawan kecelakaan. Pada penelitian ini menggunakan Data Primer yaitu data perlengkapan Jalan, data survei kecepatan, data perilaku penggunan. Sedangkan data sekunder adalah data kecelakaan 1 tahun, dan data kronologi kecelakaan. Hasil penelitian yaitu Pada faktor manusia penyebab kecelakaan tertinggi dikarenakan kecepatan pengendara yang melebihi batas maksimal kecepatan. Sedangkan faktor prasarana yang menjadipenyebab kecelakaan lalu lintas yaitu fungsi fasilitas perlengkapan jalan yang kurang efektif. Kata Kunci : Tingginya Kecelakaan, Perbaikan Jalan, Peningkatan Keselamatan

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tingginya Kecelakaan, Perbaikan Jalan, Peningkatan Keselamatan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: LLAJ MTJ 1.13
Date Deposited: 02 Jan 2023 13:03
Last Modified: 02 Jan 2023 13:03
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/2719

Actions (login required)

View Item View Item