PERBAIKAN LENGKUNG JALAN REL PADA PETAK JALAN MAROS-RAMMANG RAMMANG DENGAN GAUGE 1435 (STUDI KASUS KM 19+038-KM 19+266)

Muhammad Shifa' Abqori, Shifa' and Dr. Ir. Nico D. Djajasinga, M.Sc, - and Ahmad Wahyudi, ATD, - (2023) PERBAIKAN LENGKUNG JALAN REL PADA PETAK JALAN MAROS-RAMMANG RAMMANG DENGAN GAUGE 1435 (STUDI KASUS KM 19+038-KM 19+266). UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text (cover)
cover (2).pdf

Download (318kB)
[img] Text (daftar isi)
daftar isi.pdf

Download (453kB)
[img] Text (bab 1)
bab 1.pdf

Download (357kB)
[img] Text (bab 2)
bab 2.pdf
Restricted to Registered users only until 15 August 2023.

Download (584kB) | Request a copy
[img] Text (bab 3)
bab 3.pdf
Restricted to Registered users only until 15 August 2023.

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (bab 4)
bab 4.pdf
Restricted to Registered users only until 15 August 2023.

Download (413kB) | Request a copy
[img] Text (bab 6)
bab 6.pdf
Restricted to Registered users only until 15 August 2023.

Download (336kB) | Request a copy
[img] Text (bab 5)
bab 5.pdf
Restricted to Registered users only until 15 August 2023.

Download (336kB) | Request a copy

Abstract

Perawatan prasarana merupakan kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap penyelenggara prasarana perkeretaapian untuk mempertahankan keandalan prasarana perkeretaapian agar tetap laik operasi. Kegiatan perawatan jalan rel meliputi perawatan harian, bulanan, dan tahunan serta perbaikan untuk mengembalikan fungsi jalan rel. Pada petak jalan Maros-Rammang rammang KM 19+038-KM 19+266 terdapat lengkung IP M5R yang telah mengalami perubahan dari kondisi idealnya yang dapat diakibatkan karena gaya sentrifugal kereta api yang mengakibatkan pergeseran busur atau anak panah atau menurunya level jalan kereta api. Tujuan penelitian ini yaitu melakukan perbaikan pada lengkung jalan rel yang telah mengalami perubahan dari kondisi idealnya. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai standar tata cara dalam melakukan perawatan pada lengkung jalan rel di jalan rel 1435 mm. Kalkulator lengkung digunakan sebagai metode atau alternatif dalam menentukan geseran terhadap perbaikan anak panah, pertinggian, dan pelebaran lengkung. Dari perhitungan dengan kalkulator lengkung diperoleh hasil kondisi anak panah lengkung jalan rel tidak bisa dikembalikan secara sempurna 100% sesuai desain awalnya, melainkan diusahakan semaksimal mungkin mendekati sempurna. Disimpulkan dalam penelitian ini yaitu Kalkulator lengkung atau aplikasi microsoft excel dapat digunakan sebagai metode atau alternatif untuk mempermudah dalam menentukan perhitungan besar geseran dalam perbaikan lengkung.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Subjects: A General Works > AC Collections. Series. Collected works
L Education > L Education (General)
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Perkertaapian
Depositing User: Keretaapi KA 4.4
Date Deposited: 10 Jan 2024 01:26
Last Modified: 10 Jan 2024 01:26
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4061

Actions (login required)

View Item View Item