ABELIANA WULANDARI, ABEL and SUDIRMAN ANGGADA,S.SiT, M.T, SUDIRMAN ANGGADA and DRS. WIJIANTO, M.Si, WIJIANTO (2023) PENINGKATAN KINERJA SIMPANG DI KOTA BANJARBARU (STUDI KASUS: SIMPANG TRIKORA BARAT DAN SIMPANG APILL 33). UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.
![]() |
Text
JURNAL ABELIANA WULANDARI.pdf Download (505kB) |
![]() |
Text
COVER.pdf Download (136kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (71kB) |
![]() |
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (70kB) |
![]() |
Text
BAB II GAMBARAN UMUM.pdf Download (653kB) |
![]() |
Text
BAB III KAJIAN PUSTAKA.pdf Download (536kB) |
![]() |
Text
BAB IV METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V ANALISIS DAN PEMECAHAN MASALAH.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI PENUTUP.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) | Request a copy |
![]() |
Text (PENINGKATAN KINERJA SIMPANG DI KOTA BANJARBARU (STUDI KASUS: SIMPANG TRIKORA BARAT DAN SIMPANG APILL 33))
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only until 5 December 2050. Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Kota Banjarbaru merupakan Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan yang menjadi pusat pemerintahan di Provinsi Kalimantan Selatan. Hal tersebutlah yang menjadikan Kota Banjarbaru sebagai Kota dengan mobilitas dan aktivitas transportasi yang tinggi mempengaruhi kepadatan lalu lintas yang mengakibatkan timbulnya emisi gas buang dan biaya kemacetan kepada setiap pengguna jalan khususnya di persimpangan Simpang Trikora Barat dan Simpang APILL 33 yang menghubungkan area CBD Kota Banjarbaru dan kabupaten di sekitarnya. Hal ini menyebabkan kinerja persimpangan pada Simpang Trikora Barat memiliki derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,86, tundaan sebesar 15,34det/smp, dan peluang antrean 30-59%, dengan konsentrasi CO terbesar 102,75gr/Nm⁶ dan Nox terbesar 19,86gr/Nm⁵, dengan biaya kemacetan sebesar Rp.483.568.213/jam. Pada Simpang APILL 33 memiliki derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,82, tundaan sebesar 37,14det/smp, dan panjang antrean 35,70 meter, dengan konsentrasi CO terbesar 83,12gr/Nm⁶ dan Nox terbesar 16,17gr/Nm⁵, dengan biaya kemacetan sebesar Rp.2.159.620.280/jam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melakukan analisis peningkatan kinerja simpang dengan pedoman perhitungan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997) dan permodelan menggunakan PTV Vissim. Berdasarkan hasil analisa dengan usulan penanganan berupa perencanaan simpang bersinyal dan pengaturan waktu siklus dapat meningkatkan kinerja kinerja persimpangan dengan adanya penurunan nilai derajat kejenuhan (DS), tundaan, panjang antrean, konsentrasi CO dan Nox, dan biaya kemacetan. Untuk Simpang Trikora Barat nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,53, tundaan sebesar 14,63 det/smp, dan panjang antrean 13,48 meter, dengan konsentrasi CO terbesar 36,13 3gr/Nm⁶ dan kadar Nox terbesar 5,44gr/Nm⁵, dengan biaya kemacetan sebesar Rp.349.736.717/jam. Untuk Simpang APILL 33 memiliki derajat kejenuhan (DS) 0,59, tundaan simpang 19,08 detik, dan panjang antrean 23,80 meter. Dengan konsentrasi CO terbesar 55,38 gr/Nm⁶ dan kadar Nox terbesar 10,78 gr/Nm⁵, dengan biaya kemacetan sebesar Rp.900.644.370/jam. Kata Kunci: Persimpangan, Simpang Tidak Bersinyal, Simpang Bersinyal, Emisi Gas Buang, Biaya Kemacetan.
Item Type: | Thesis (UNSPECIFIED) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peningkatan Kinerja Simpang, Simpang Bersinyal, Simpang Tidak Bersinyal, Biaya Kemacetan, Emisi Gas Buang, Kota Banjarbaru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar TD 1.6 |
Date Deposited: | 07 Sep 2023 07:51 |
Last Modified: | 07 Sep 2023 07:51 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4205 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |