PENINGKATAN KINERJA SIMPANG DI KOTA BANJARBARU (STUDI KASUS: SIMPANG TRIKORA BARAT DAN SIMPANG APILL 33)

ABELIANA WULANDARI, ABEL and SUDIRMAN ANGGADA,S.SiT, M.T, SUDIRMAN ANGGADA and DRS. WIJIANTO, M.Si, WIJIANTO (2023) PENINGKATAN KINERJA SIMPANG DI KOTA BANJARBARU (STUDI KASUS: SIMPANG TRIKORA BARAT DAN SIMPANG APILL 33). UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED.

[img] Text
JURNAL ABELIANA WULANDARI.pdf

Download (505kB)
[img] Text
COVER.pdf

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (71kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (70kB)
[img] Text
BAB II GAMBARAN UMUM.pdf

Download (653kB)
[img] Text
BAB III KAJIAN PUSTAKA.pdf

Download (536kB)
[img] Text
BAB IV METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V ANALISIS DAN PEMECAHAN MASALAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI PENUTUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text (PENINGKATAN KINERJA SIMPANG DI KOTA BANJARBARU (STUDI KASUS: SIMPANG TRIKORA BARAT DAN SIMPANG APILL 33))
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only until 5 December 2050.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://www.digilib.ptdisttd.net

Abstract

Kota Banjarbaru merupakan Ibukota Provinsi Kalimantan Selatan yang menjadi pusat pemerintahan di Provinsi Kalimantan Selatan. Hal tersebutlah yang menjadikan Kota Banjarbaru sebagai Kota dengan mobilitas dan aktivitas transportasi yang tinggi mempengaruhi kepadatan lalu lintas yang mengakibatkan timbulnya emisi gas buang dan biaya kemacetan kepada setiap pengguna jalan khususnya di persimpangan Simpang Trikora Barat dan Simpang APILL 33 yang menghubungkan area CBD Kota Banjarbaru dan kabupaten di sekitarnya. Hal ini menyebabkan kinerja persimpangan pada Simpang Trikora Barat memiliki derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,86, tundaan sebesar 15,34det/smp, dan peluang antrean 30-59%, dengan konsentrasi CO terbesar 102,75gr/Nm⁶ dan Nox terbesar 19,86gr/Nm⁵, dengan biaya kemacetan sebesar Rp.483.568.213/jam. Pada Simpang APILL 33 memiliki derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,82, tundaan sebesar 37,14det/smp, dan panjang antrean 35,70 meter, dengan konsentrasi CO terbesar 83,12gr/Nm⁶ dan Nox terbesar 16,17gr/Nm⁵, dengan biaya kemacetan sebesar Rp.2.159.620.280/jam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melakukan analisis peningkatan kinerja simpang dengan pedoman perhitungan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997) dan permodelan menggunakan PTV Vissim. Berdasarkan hasil analisa dengan usulan penanganan berupa perencanaan simpang bersinyal dan pengaturan waktu siklus dapat meningkatkan kinerja kinerja persimpangan dengan adanya penurunan nilai derajat kejenuhan (DS), tundaan, panjang antrean, konsentrasi CO dan Nox, dan biaya kemacetan. Untuk Simpang Trikora Barat nilai derajat kejenuhan (DS) sebesar 0,53, tundaan sebesar 14,63 det/smp, dan panjang antrean 13,48 meter, dengan konsentrasi CO terbesar 36,13 3gr/Nm⁶ dan kadar Nox terbesar 5,44gr/Nm⁵, dengan biaya kemacetan sebesar Rp.349.736.717/jam. Untuk Simpang APILL 33 memiliki derajat kejenuhan (DS) 0,59, tundaan simpang 19,08 detik, dan panjang antrean 23,80 meter. Dengan konsentrasi CO terbesar 55,38 gr/Nm⁶ dan kadar Nox terbesar 10,78 gr/Nm⁵, dengan biaya kemacetan sebesar Rp.900.644.370/jam. Kata Kunci: Persimpangan, Simpang Tidak Bersinyal, Simpang Bersinyal, Emisi Gas Buang, Biaya Kemacetan.

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kinerja Simpang, Simpang Bersinyal, Simpang Tidak Bersinyal, Biaya Kemacetan, Emisi Gas Buang, Kota Banjarbaru
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar TD 1.6
Date Deposited: 07 Sep 2023 07:51
Last Modified: 07 Sep 2023 07:51
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4205

Actions (login required)

View Item View Item