UPAYA PENINGKATAN KINERJA SIMPANG 3 SEI RINGIN DI KABUPATEN SINTANG

M.IRSAL, IRSAL (2023) UPAYA PENINGKATAN KINERJA SIMPANG 3 SEI RINGIN DI KABUPATEN SINTANG. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (232kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (125kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (113kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf

Download (503kB)

Abstract

Simpang tiga Sei Ringin merupakan persimpangan dengan tipe pengendalian simpang prioritas. Simpang ini terletak di Kecamatan Sintang dan simpang 3 Sei Ringin juga merupakan akses menuju CBD pada kabupaten Sintang. Tingginya volume kendaraan dan rendahnya kesadaran masyarakat terhadap sistem prioritas berkendara mengakibatkan besarnya peluang terjadinya kemacetan di persimpangan. Berkaitan dengan hal tersebut, perlu dilakukan penelitian khususnya pada simpang tiga Sei Ringin untuk mengetahui kinerja simpang tersebut, sehingga nantinya simpang pada ruas jalan tersebut dapat melayani arus lalu lintas dan pengguna jalan yang melewatinya secara optimal.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Volume lalu lintas pada simpang tiga Sei Ringin (2) Perlunya dilakukan desain ulang pada simpang tersebut berupa perluasan lebar lajur efektif jalan, penambahan dan pemeliharaan rambu-rambu dan marka jalan major dan minor pada simpang tiga Sei Ringin. Pengumpulan data diperoleh melalui survei di lapangan dan parameternya meliputi: Kondisi Geometrik, Kondisi Lalu Lintas, dan Kondisi Lingkungan. Instrumen pengumpulan data menggunakan bantuan berupa formulir survey, alat tulis, jam dan roll meter.Dari hasil penelitian dan pembahasan pada ketiga kaki simpang Sei Ringin, didapatkan volume jalan major sebesar 1267 smp/jam, volume jalan minor sebesar 410 smp/jam , total volume arus lalu lintas (Qtot) sebesar 1678 smp/jam, Kapasitas (C) 1916 smp/jam, Nilai Derajat kejenuhan (DS) 0,87, Tundaan lalu lintas sebesar 15,02 detik/smp dan peluang antrian (QP) sebesar minimal 31% dan maksimal 61%. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, simpang Tiga Sei Ringin mempunyai tingkat pelayanan dibawah rata-rata yang tidak stabil sehingga tidak memenuhi persyaratan pedoman Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI), sehingga hal ini perlu dilakukan mendesain ulang simpang tiga Sei Ringin yang akan meningkatkan kinerja lalu lintas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Simpang 3 Sei Ringin , Volume Simpang, Derajat Kejenuhan, Kapasitas, Tundaan, Peluang Antrian.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: LLAJ MTJ 1.9
Date Deposited: 06 Jan 2025 13:25
Last Modified: 06 Jan 2025 13:25
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6018

Actions (login required)

View Item View Item