PERENCANAAN FASILITAS PARK AND RIDE PADA STASIUN LRT DI KOTA PALEMBANG

FADHLI FA FARRASY ARVI, FADHLI ARVI and ADITHYA PRAYOGA SAIFUDIN, ADITHYA PRAYOGA SAIFUDIN and GADANG ENDRAYANTO, GADANG ENDRAYANTO (2024) PERENCANAAN FASILITAS PARK AND RIDE PADA STASIUN LRT DI KOTA PALEMBANG. PERENCANAAN FASILITAS PARK AND RIDE PADA STASIUN LRT DI KOTA PALEMBANG. ISSN POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD (Submitted)

[img] Text
JURNAL PERENCANAAN FASILITAS PARK AND RIDE PADA STASIUN LRT DI KOTA PALEMBANG.docx

Download (2MB)

Abstract

Tidak tersedianya lahan parkir serta fasilitas pendukung seperti park and ride untuk menunjang mobilitas masyarakat yang ingin menggunakan LRT di Kota Palembang, Banyaknya kendaraan yang parkir illegal pada trotoar dibawah stasiun LRT, 39,6% penumpang berjarak 0,5 km – 1 km menuju stasiun keberangkatan, sedangkan sisanya 60,4% penumpang berjarak lebih dari 1 km, masyarakat pada wilayah studi di Kota Palembang memilih menggunakan kendaraan pribadi. Pada tahap mengidentifikasi masalah dilakukan agar mendapatkan permasalahan yang terdapat pada wilayah studi, Setelah ditentukan data maka selanjutnya adalah proses pengumpulan data, kemudian dilanjutkan pengolahan data guna mendapatkan kondisi eksisting, Pada tahap perencanaan termasuk beberapa layout rencana ruang parkir termasuk sirkulasi kendaraan, tata cara parkir dan fasilitas pejalan kaki penghubung parkiran dengan stasiun, Proses output atau kesimpulan merupakan proses akhir dari suatu penelitian. Berdasarkan hasil wawancara penumpang didapatkan yang ingin menggunakan fasilitas park and ride yaitu rata rata diatas 80%, Dalam perencanaan gedung parkir, posisi parkir sudut 90° dipilih karena memiliki daya tampung lebih banyak jika dibandingkan dengan posisi sejajar. Dari hasil analisis diketahui dari 4 stasiun LRT telah diklasifikasikan berdasarkan moda dan naik turun penumpangnya sebelum dan sesudah adanya fasilitas park and ride. Hasil kebutuhan fasilitas park and ride 120 mobil dan 419 motor Stasiun Bumi Sriwijaya, 45 mobil dan 108 motor Stasiun Cinde, 45 mobil dan 109 motor di Stasiun Ampera serta 296 mobil dan 769 motor Stasiun DJKA. Desain gedung parkir yang digunakan adalah pola parkir dengan sudut 90° yang berlokasi dekat stasiun LRT dalam bentuk 2 gedung dan 2 lahan parkir.

Item Type: Article
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 10 2024
Date Deposited: 06 Jan 2025 14:03
Last Modified: 06 Jan 2025 14:03
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6408

Actions (login required)

View Item View Item