PERENCANAAN FASILITAS PEJALAN KAKI PADA KAWASAN PENDIDIKAN DAN PERNIAGAAN KOTA PALANGKA RAYA

ADNAN ASADEL, ADNAN and UTUT WIDYANTO, UTUT WIDYANTO and ROBERT SIMANJUNTAK, ROBERT SIMANJUNTAK (2024) PERENCANAAN FASILITAS PEJALAN KAKI PADA KAWASAN PENDIDIKAN DAN PERNIAGAAN KOTA PALANGKA RAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (137kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (121kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (65kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (859kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (55kB)

Abstract

Kota Palangka Raya merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Tengah, memiliki luas wilayah sekitar 2.853,12 km² yang terdiri dari 5 kecamatan dan terbagi menjadi 30 kelurahan dan memiliki populasi sekitar 295.677 jiwa. Sebagai pusat pemerintahan provinsi, kota ini memiliki perkembangan pesat dalam sektor pendidikan dan perniagaan. Namun, pertumbuhan ini belum diimbangi dengan perencanaan fasilitas pejalan kaki yang memadai, terutama pada kawasan-kawasan yang strategis. Kurangnya infrastruktur yang ramah pejalan kaki dapat berpotensi meningkatkan ketergantungan pada kendaraan bermotor, bahkan untuk perjalanan jarak pendek. Kondisi ini tidak hanya menimbulkan masalah kemacetan dan polusi, tetapi juga berpotensi membahayakan keselamatan pejalan kaki, terutama siswa, mahasiswa, dan pekerja yang beraktivitas pada kawasan ini. Untuk menghadapi tantangan mobilitas, Kota Palangka Raya perlu mengadopsi konsep sustainable urban mobility (mobilitas perkotaan berkelanjutan) dengan fokus pada pengembangan moda transportasi aktif, terutama berjalan kaki. Pendekatan ini bertujuan menciptakan sistem transportasi yang efisien, ramah lingkungan, dan berorientasi pada manusia. Dengan mengembangkan fasilitas pejalan kaki pada kawasan pendidikan dan perniagaan, diharapkan pada kawasan ini dapat mendorong pergeseran pola mobilitas warga dari ketergantungan pada kendaraan bermotor menuju moda transportasi yang lebih aktif dan berkelanjutan. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis tingan pelayanan fasilitas pejalan kaki, analisis fasilitas pejalan kaki, analisis titik penyebrangan dan merekomendasikan ususlan untuk permasalahan tersebut. Hasil analisis penelitian ini adalah Tingkat pelayanan eksisting dari fasilitas pejalan kaki pada ruas jalan kajian adalah B, C, D dan F, Tingkat aksesibilitas dari fasilitas pejalan kaki eksisting pada jalan Ahmad Yani 1 adalah 48,89 yang termasuk kedalam kategori “Merah” yang berarti tidak baik untuk berjalan. Untuk ruas jalan RA Kartini adalah 42,22 termasuk kedalam kategori “Merah” yang berarti tidak baik untuk berjalan. Untuk ruas jalan Tambun Bungai adalah 48,89 termasuk kedalam kategori “Merah” yang berarti tidak baik untuk berjalan. Dan Untuk ruas jalan W. Sudirohusodo 2 adalah 57,78 termasuk kedalam kategori “Kuning” yang berarti cukup baik untuk berjalan. Tingkat aksesibilitas usulan yang disarankan adalah dengan rata-rata 80,00 yang termasuk kedalam kategori “Hijau” yang berarti sangat baik untuk berjalan dan Fasilitas pejalan kaki yang perlu dibangun pada ruas jalan adalah pelebaran fasilitas trotoar pada seluruh ruas jalan kajian, Penambahan fasilitas penyeberangan berupa “Pelican Crossing” dan penambahan fasilitas penunjang pada seluruh ruas jalan kajian

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan, Fasilitas pejalan kaki, Tingkat pelayanan, Kota Palangka Raya
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 11 2024
Date Deposited: 14 May 2025 03:25
Last Modified: 14 May 2025 03:25
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7269

Actions (login required)

View Item View Item