OPTIMALISASI PELAYANAN JASA PELABUHAN PENYEBERANGAN MERAK DALAM PERSPEKTIF PELAYANAN PUBLIK

Dody Setiadi, Dody Setiadi and Wisnu Handoko, Wisnu Handoko and Agus Pramono, Agus Pramono (2024) OPTIMALISASI PELAYANAN JASA PELABUHAN PENYEBERANGAN MERAK DALAM PERSPEKTIF PELAYANAN PUBLIK. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (146kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (131kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (144kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (295kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (115kB)

Abstract

Pelabuhan Penyeberangan Merak merupakan pelabuhan yang menjadi simpul utama penghubung pulau Jawa dan Sumatera sehingga pelayanan publik harus menjadi prioritas utama dalam memberikan jasa. Namun dalam pengoperasian Pelabuhan Penyeberangan Merak sehari-hari, sering didapati keluhan pengguna jasa terkait fasilitas pelabuhan dan waktu belayar yang lebih lama dari jadwal yang ditetapkan diakibatkan oleh keterlambatan keberangkatan kapal yang berada di depannya. Pada penelitian ini dilakukan penyusunan kajian mengenai optimalisasi pelayanan dengan mengkaji tingkat kepuasan dan tingkat kepentingan pengguna jasa dari atribut-atribut pelayanan sesuai dengan Peraturan Direktur Perhubungan Darat Nomor: KP. 5062/AP 005/ DRJD/ 2020 serta pengoptimalan pola operasi dan penjadwalan angkutan penyeberangan di Pelabuhan Penyeberangan Merak. Metode dalam mengkaji tingkat kepuasan dan tingkat kepetingan pengguna jasa dengan melakukan uji validitas dan uji reliabilitas sampel. Kemudian dilakukan analisis menggunakan metode custumer satisfaction index (CSI), service quality (servqual), dan importance performance analysis (IPA). Dalam mengoptimalkan pola operasi dan penjadwalan angkutan penyeberangan dilakukan analisis port time angkutan penyeberangan berdasarkan hasil observasi di lapangan, selanjutnya dilakukan perhitungan peramalan ( forcasting) produktivitas dalam tiga tahun yag akan datang, sailing time, round trip time, kemampuan trip, frekuensi keberangkatan kapal, headway, dan kebutuhan angkutan penyeberangan. Hasil dari kajian ini menunjukkan bahwa indeks kepuasan pengguna jasa memiliki index score sebesar 69,63% yang menunjukkan bahwa tingkat kepuasan pengguna jasa di Pelabuhan Penyeberangan Merak termasuk dalam kategori puas dan terdapat 6 (enam) atribut pelayanan yang terdapat pada kuadran I yang menjadi prioritas utama untuk segera dioptimalkan. Dari hasil analisis port time, pola operasi dan penjadwalan angkutan penyeberangan didapatkan bahwa port time saat ini diterapkan belum optimal serta pola operasi dan penjadwalan didapatkan perhitungan sailing time 90 menit, round trip time 6 jam, kemampuan trip 4 trip/ kapal, frekuensi 96 trip, headway 15 menit, dan kebutuhan angkuatan penyeberangan sebayak 24 kapal, dengan masing-masing dermaga beroperasi 4 (empat) kapal, sehingga port time yang dapat diterapkan adalah 72 menit.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Custumer satisfaction index, importance performance analysis, pola operasi, penjadwalan
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 2 2024
Date Deposited: 28 Apr 2025 02:36
Last Modified: 28 Apr 2025 02:36
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7765

Actions (login required)

View Item View Item