PERENCANAAN SISTEM PEMBATASAN PEMBANGUNAN KAWASAN PERMUKIMAN DI KECAMATAN TUAH MADANI DAN KECAMATAN BINAWIDYA KOTA PEKANBARU

Muhammad Darma Aji, Aji and BUDIHARSO HIDAYAT, BUDIHARSO HIDAYAT and Luh Putu Widya Adnyani, Luh Putu Widya Adnyani (2024) PERENCANAAN SISTEM PEMBATASAN PEMBANGUNAN KAWASAN PERMUKIMAN DI KECAMATAN TUAH MADANI DAN KECAMATAN BINAWIDYA KOTA PEKANBARU. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat Indonesia - STTD.

[img] Text
Cover.pdf

Download (392kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf

Download (808kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (395kB)
[img] Text
Bab 2.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab 6.pdf

Download (383kB)

Abstract

Kecamatan Tuah Madani dan Kecamatan Binawidya di Kota Pekanbaru merupakan dua Kecamatan yang memiliki jumlah penduduk terbanyak. Tingginya jumlah penduduk di Kecamatan ini secara tidak langsung mendorong aktivitas pembangunan perumahan yang pesat. Pertumbuhan perumahan yang pesat tetapi tidak diimbangi dengan peraturan yang memadai, menyebabkan arus lalu lintas di jalan penghubung kawasan aglomerasi perkotaan mengalami peningkatan intensitas kendaraan. Oleh karena itu, diperlukan suatu penataan dan pembatasan pembangunan perumahan di Kota Pekanbaru terhadap kinerja jalan yang akan ditimbulkan. Penelitan ini bertujuan untuk (1). Mengidentifikasi kinerja jaringan jalan dan pola bangkitan perjalanan di Kecamatan Tuah Madani dan Binawidya Kota Pekanbaru pada kondisi sekarang. (2). Melakukan Perbandingan kinerja jaringan jalan dan simulasi perumahan tipe 36 untuk mendapatkan Pola bangkitan perjalanan di Kecamatan Tuah Madani dan Binawidya. (3). Melakukan standar pembatasan pembangunan perumahan melalui trip rate perjalanan perumahan berdasarkan luasan bangunan dan tipe perumahan di Kecamatan Tuah Madani dan Binawidya Kota Pekanbaru. Metode yang digunakan adalah observasi lapangan dan identifikasi masalah di lokasi penelitian. Analisis data menggunakan Software PTV Visum (Macroscopic Transportation Planning) metode AHP. Hasil dari penelitian ini, yaitu (1). Kondisi eksisting ruas jalan kecamatan Binawidya dan Kecamatan Tuah madani secara keseluruhan memiliki Level of sevice di atas C kecuali ruas jalan Air Hitam dengan level of service B. Berdasarkan data matrik asal tujuan kendaraan yang merupakan data inputan Visum dapat diketahui bahwa arus pergerakan kendaraan paling banyak adalah ke arah pekanbaru kota melalui ruas jalan HR. Subrantas. (2). Pembatasan pembangunan perumahan di Kecamatan Tuah Madani dan Binawidya paling optimum yaitu dengan membatasi pembangunan lokasiterdampak ruas jalan dengan level of service C kecuali dengan zona 10 yang terdampak pada ruas jalan Air Hitam dengan level of serviceB dapatdi tambah menjadi 10 persen jumlah perumahan yaitu 9130 perumahan tipe 36 namun tentu akan berdampak dengan zona lainnya. (3). Pembatasan pembangunan lokasi studi yaitu di kecamatan Binawidya dan Tuah madani di dapatkan total maksimal pembangunan yaitu sebanyak 532630 unit perumahan tipe 36.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: AHP, Binawidya, Pekanbaru, Pembatasan Pembangunan, PTV Visum, Tuah Madani,
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: MUHAMMAD DARMA AJI AJI
Date Deposited: 22 Apr 2025 02:21
Last Modified: 22 Apr 2025 02:21
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/8154

Actions (login required)

View Item View Item