I Ketut Anggarestu Adi Nugraha, Anggarestu (2023) PENATAAN PARKIR PADA RUAS JALAN LAWU (KM 2,3 – KM 2,6) KABUPATEN KARANGANYAR. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
DAFTAR COVER.pdf Download (287kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (142kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (208kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (982kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Dalam penelitian ini, penulis mengambil studi kasus mengenai parkir on-street di Jalan Lawu km 2,3 – km 2,6. Jalan Lawu km 2,3 – km 2,6 merupakan salah satu pusat kegiatan ekonomi sebagai pusat pembangkitan dan daya tarik perjalanan di Kabupaten Karanganyar. Sudut parkir on street yang digunakan pada ruas jalan lawu km 2,3 – km 2,6 ini adalah sudut 45o dan 90o. Namun, pada jalan ini memiliki sudut parkir yang kurang optimal, hal ini menyebabkan berkurangnya kapasitas dan lebar efektif ruas Jalan Lawu km 2,3 – km 2,6. Diketahui bahwa kondisi parkir saat ini masih memenuhi permintaan parkir. Namun, dengan sudut parkir saat ini terlalu banyak menggunakan badan jalan, sehingga menyebabkan kinerja ruas jalan menjadi tidak optimal dengan kapasitas ruas jalan sebesar 2.340,15 smp/jam, V/C ratio sebesar 0,67, kecepatan perjalanan 31,28 smp/km dan kepadatan sebesar 50,42 smp/km. Dari hasil penelitian ini, diketahui bahwa rekomendasi terbaik untuk ruas Jalan Lawu km 2,3 – km 2,6 adalah penataan sudut parkir menjadi 0o untuk kendaraan mobil dan 90o untuk kendaraan sepeda motor. Sehingga kapasitas ruas jalan bertambah menjadi 2.747,13 smp/jam, dan penurunan V/C ratio menjadi 0,57, peningkatan kecepatan ruas menjadi 37,98 km/jam dan menurunkan kepadatan menjadi 41,52 smp/km. dapat diartikan bahwa dengan kondisi tersebut penerapan sudut rekomendasi dapat meningkatkan kinerja ruas Jalan Lawu Km 2,3 – Km 2,6.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | parkir, parkir badan jalan, sudut parkir, kinerja ruas jalan |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Jalan |
Depositing User: | LLAJ MTJ 1.2 |
Date Deposited: | 10 Jul 2024 04:04 |
Last Modified: | 10 Jul 2024 04:04 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/5003 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |