PENINGKATAN KINERJA RUAS JALAN LETJEND SOETOYO DI KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN

CHERLI RAMADHANI, CHERLI (2023) PENINGKATAN KINERJA RUAS JALAN LETJEND SOETOYO DI KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.

[img] Text
1. COVERR.pdf

Download (202kB)
[img] Text
2. DAFTAR.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (171kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (881kB)
[img] Text
BAB 3.pdf

Download (371kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 6.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (746kB)

Abstract

Ruas Jalan Letjend Soetoyo merupakan ruas jalan yang terletak di kawasan pasar Los Batu Kandangan, Kabupaten Hulu Sungai Selatan dimana tata guna lahannya adalah pertokoan, jasa, perdagangan sehingga memiliki hambatan samping yang tinggi. Berdasarkan pemeringkatan kinerja ruas jalan, dengan indikator yang digunakan untuk menilai kinerja suatu ruas mencakup kapasitas sebesar 1198,51; v/c ratio 0,82; kecepatan 25,58 km/jam; kepadatan 38,30 smp/km dan memiliki tingkat pelayanan atau Level Of Service (LOS) D, sehingga terjadinya penurunan kinerja ruas jalan Letjend Soetoyo di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Adanya permasalahan lalu lintas, mengakibatkan menurunnya kinerja lalu lintas pada ruas Jalan Letjend Soetoyo. Banyaknya aktivitas parkir dan kegiatan jual beli oleh pedagang kaki lima yang berjualan di badan jalan mengakibatkan berkurangnya lebar efektif jalan sehingga kapasitas di ruas jalan tersebut menurun. Selain itu tidak tersedianya fasilitas pejalan kaki, sehingga menyebabkan pejalan kaki berjalan menggunakan badan jalan. Untuk mengatasi masalah tersebut perlu dilakukan upaya peningkatan kinerja rua jalan berupa penerapan skenario. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan melakukan beberapa survei, diantaranya survei inventarisasi ruas jalan, survei pencacahan lalu lintas, survei patroli parkir, dan survei pejalan kaki. Skenario terbaik dari usulan dua skenario yaitu dengan memindahkan parkir on street menjadi parkir off street di parkir gedung Pasar Los Batu Kandangan dan relokasi pedagang kaki lima sehingga di dapatkan kapasitas sebesar 2322,90 smp/jam dengan volume 979,8, kecepatan meningkat sebesar 30,94 km/jam, dan kepadatan menurun sebesar 31,67 smp/km dengan tingkat pelayanan atau Level Of Services (LoS) yaitu B

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Kinerja Lalu Lintas Ruas Jalan, Kapasitas, Volume, Kecepatan, Kepadatan, V/C ratio, Level Of Services, Pejalan Kaki, Parkir
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma III Manajemen Transportasi Jalan
Depositing User: LLAJ MTJ 1.11
Date Deposited: 10 Jul 2024 04:07
Last Modified: 10 Jul 2024 04:07
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/5106

Actions (login required)

View Item View Item