TASHA WANDA SAFITRI, TASHA and YANUAR DWI HERDIYATNO, YANUAR and EDI SANTOSA, EDI (2023) PENATAAN LALU LINTAS PADA KAWASAN UNIVERSITAS SILIWANGI DI KOTA TASIKMALAYA. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text (HALAMAN COVER)
HALAMAN COVER.pdf Download (382kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (505kB) |
![]() |
Text (BAB I PENDAHULUAN)
BAB I.pdf Download (333kB) |
![]() |
Text (BAB II GAMBARAN UMUM)
BAB II.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text (BAB III KAJIAN PUSTAKA)
BAB III.pdf Download (998kB) |
![]() |
Text (BAB IV METODOLOGI PENELITIAN)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only until 1 December 2030. Download (484kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V ANALISIS DAN PEMECAHAN MASALAH)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only until 1 December 2030. Download (3MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB VI PENUTUP)
BAB VI.pdf Download (323kB) |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kawasan Universitas Siliwangi Kota Tasikmalaya merupakan kawasan pendidikan yang terletak di Kecamatan Tawang, Kota Tasikmalaya. Universitas Siliwangi adalah salah satu perguruan tinggi negeri terbesar di wilayah Priangan Timur dengan jalan utama yaitu Jalan Siliwangi 1. Sebagian besar kegiatan yang dilakukan adalah pendidikan dan perdagangan dengan aktivitas yang tinggi ditandai dengan adanya aktivitas parkir di badan jalan dan aktivitas pedagang kaki lima yang menggunakan trotoar untuk berjualan sehingga menyebabkan permasalahan lalu lintas berupa kemacetan lalu lintas. Metode analisis yang digunakan adalah analisis kinerja ruas, analisis simpang, analisis parkir, dan analisis pejalan kaki. Analisis dilakukan dengan menggunakan data primer yang didapat dari hasil lapangan dan data sekunder dari instansi terkait. Analisis kinerja jaringan jalan menggunakan aplikasi permodelan transportasi yaitu PTV.Vissim dengan membandingkan kinerja permodelan dengan kondisi saat ini. Hasil penelitian dari usulan penataan memberikan peningkatan kinerja jaringan jalan. Penataan yang diusulkan berupa pemindahan parkir on street menjadi parkir off street, penataan fasilitas pejalan kaki berupa penambahkan lebar trotoar dan rekomendasi fasilitas penyeberangan, serta optimasi waktu siklus pada 2 simpang bersinyal. Dilihat dari tundaan rata-rata sebesar 20,43 detik, kecepatan jaringan 34 km/jam, total jarak yang ditempuh 3945,87 km dan total waktu perjalanan 112,33 jam.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar TD 1.5 |
Date Deposited: | 05 Sep 2023 14:43 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 14:43 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/3856 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |