AULIA, WINA and HERMAWAN, I MADE ARKA and HERDIYATNO, YANUAR DWI (2023) PENERAPAN TARIF PROGRESIF PARKIR ON STREET DENGAN SISTEM E-PARKING PADA KAWASAN CENTRAL BUSINESS DISTRICT (CBD) KOTA MAGELANG. PENERAPAN TARIF PROGRESIF PARKIR ON STREET DENGAN SISTEM E-PARKING PADA KAWASAN CENTRAL BUSINESS DISTRICT (CBD) KOTA MAGELANG, 1 (1). a-z.
![]() |
Text (COVER)
COVER.pdf Download (100kB) |
![]() |
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (86kB) |
![]() |
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (77kB) |
![]() |
Text (BAB II)
BAB II.pdf Download (982kB) |
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (239kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) | Request a copy |
![]() |
Text (BAB VI)
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) | Request a copy |
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kawasan Central Bussines Distric Kota Magelang merupakan kawasan dengan tarikan tertinggi yaitu sebesar 52.284 trip/hari dengan 95% didominasi oleh kendaraan pribadi (mobil dan sepeda motor) pada tahun 2022. Penggunaan kendaraan pribadi serta pergerakan yang tinggi menuju kawasan ini tentunya berpengaruh terhadap kebutuhan ruang parkir yang harus disediakan. Penambahan ruang parkir secara terus menerus bukan hal efektif untuk mengatasi permasalahan permintaan kebutuhan ruang parkir maka perlu adanya kebijakan untuk menekan permintaan terhadap ruang parkir dan perlu sistem untuk memudahkan monitoring kegiatan transaksi. Dalam penelitian ini yang dilakukan adalah menganalisa persepsi masyarakat mengenai penerapan tarif parkir progresif dan sistem elektronik parkir kemudian menganalisa probabilitas masyarakat dengan kondisi optimis dan pesimis terhadap skenario tarif progresif yang ditawarkan lalu dilakukan analisa terhadap kinerja lalu lintas akibat penerapan tarif progresif. Dari hasil analisis yang telah dilakukan maka didapat 63% pengguna fasilitas parkir setuju dengan penerapan tarif progresif dan sebesar 70% pengguna memilih elektronik parkir dengan sistem aplikasi android dengan rekomendasi tarif optimis yaitu tarif awal sebesar untuk roda 2 sebesar Rp.2000,- meningkat Rp.2000,- dan untuk roda 4 sebesar Rp.5000,- meningkat Rp.2500,- setiap 45 menit yang menghasilkan tundaan rata-rata 36,54 detik sedangkan rekomendasi tarif pesimis yaitu tarif awal untuk roda 2 sebesar Rp.4.000,- meningkat Rp.4000,- dan untuk roda 4 sebesar Rp.8000,- meningkat Rp.8000,- setiap 30 menit yang menghasilkan tundaan rata–rata 37,89 detik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Progressive Parking Rates, Traffic Performance, Parking Electronics |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma IV Transportasi Darat |
Depositing User: | Transdar TD 1.9 |
Date Deposited: | 06 Sep 2023 07:52 |
Last Modified: | 06 Sep 2023 07:52 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/3919 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |