PERENCANAAN JARINGAN LINTAS ANGKUTAN BARANG DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR

BQ. RATNA NILA SARI, BQ. RATNA and DANI HARDIANTO, DANI HARDIANTO and EDI SANTOSA, EDI SANTOSA (2024) PERENCANAAN JARINGAN LINTAS ANGKUTAN BARANG DI KABUPATEN LOMBOK TIMUR. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (571kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (406kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Kabupaten Lombok Timur memiliki potensi dan komoditas yang cukup tinggi yang disertai dengan pertumbuhan penduduk dan pertumbuhan kendaraan setiap tahun akan meningkatkan pendistribusian barang dan volume lalu lintas yang dimana masih terjadi mixed traffic yang menyebabkan berbagai permasalahan lalu lintas sehingga perlu upaya penanganan, salah satunya dengan perencanaan jaringan lintas angkutan barang. Dalam perencanaan jaringan lintas angkutan barang dilakukan pemilihan tiga alternatif dengan metode pembebanan terhadap setiap alternatif. Setelah mendapatkan tiga alternatif dilakukan pembobotan dengan Metode TOPSIS (Techinique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution) untuk menentukan alternatif terbaik dengan skenario yang dapat meningkatkan kinerja jaringan jalan pada tahun dasar ataupun tahun rencana.Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan didapatkan hasil bahwasannya alternatif terbaik yaitu alternatif 2 dengan skenario penetapan jaringan lintas angkutan barang menunjukkan kinerja jaringan jalan pada tahun eksisting tanpa jaringan lintas angkutan barang yaitu waktu perjalanan selama 5 jam 29 menit, kecepatan rata-rata 39,96 km/jam, kepadatan 42,09 smp/km, dan V/C rasio 0,54. Namun setelah adanya jaringan lintas angkutan barang waktu perjalanan menjadi 4 jam 45 menit, kecepatan rata-rata 46,09 km/jam, kepadatan 28,38 smp/km, dan V/C rasio 0,42. Sehingga dapat disimpulkan bahwa adanya jaringan lintas angkutan barang dapat meningkatkan kinerja jaringan jalan di Kabupaten Lombok Timur. Kata Kunci: Angkutan Barang, Jaringan Lintas Angkutan Barang, Kinerja Jaringan, Metode TOPSIS, Pembebanan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar TD 1.3
Date Deposited: 10 Jul 2024 03:40
Last Modified: 02 Sep 2024 03:47
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/4492

Actions (login required)

View Item View Item