MEILANI DIAH SAPARIATI NINGSIH, MEILANI (2023) EVALUASI KINERJA SIMPANG KERAMAT 2 KABUPATEN SAMBAS. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA - STTD.
![]() |
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (201kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (126kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (646kB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Download (508kB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (698kB) |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Restricted to Registered users only Download (116kB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf Download (711kB) |
Abstract
Dalam penelitian ini, penulis mengambil studi kasus mengenai kinerja simpang keramat 2 Kabupaten Sambas. Simpang Keramat merupakan simpang yang bertipe 322. Simpang Keramat 2 merupakan salah satu jalur lintas angkutan barang, bus AKDP serta jalan untuk menuju daerah pusat pertokoan dan pasar di Kabupaten Sambas. Simpang tersebut memiliki tingkat derajat kejenuhan 0,88 rata-rata tundaan sebesar 15,10 det/smp dan LoS C. Kondisi perlengkapan jalan dan fasilitas pendukung persimpangan di Simpang. Simpang Keramat 2 merupakan simpang yang memiliki volume yang cukup padat yaitu volume jalan sebanyak 2.637 kend/jam dan volume jalan minor sebanyak 1.290 kend/jam. Simpang Keramat 2 belum optimal bisa dilihat dari banyaknya marka jalan yang sudah pudar dan kurangnya beberapa rambu yang dibutuhkan di persimpangan. Simpang Keramat 2 merupakan simpang yang menjadi rute angkutan umum karena ada terminal di simpang tersebut yang digunakan untuk menurunkan penumpang di kaki simpang. Pada simpang ini khususnya pada jam sibuk tertinggi yaitu sore hari pada jam 16:00 – 18:00 wib. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa rekomendasi yang sesuai dengan simpang tersebut adalah penerapan APILL 3 Fase dan pelebaran jalan disetiap kaki pendekat simpang sebanyak 2 meter. Dari hasil analisis tersebut didapatkan nilai tundaan rata rata 23,25 det/smp, derajat kenejuhan 0,69 dan panjang antrian kaki simpang utara 25,18 m, panjang antrian kaki simpang selatan 23,90 m dan panjang antrian kaki simpang barat 23,21 m dan tingkat pelayanannya “C”. Dengan adanya evaluasi kinerja simpang ini dapat meminimalkan konflik kendaraan yang terjadi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | simpang, evaluasi kinerja simpang, rekomendasi simpang |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Jalan |
Depositing User: | LLAJ MTJ 1.7 |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 13:21 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 13:21 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/5946 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |