DAFA RISKI MAULANA, DAFA RISKI MAULANA and ANASTA WIRAWAN, ANASTA WIRAWAN and CUT ADINDA NATHASIA, CUT ADINDA NATHASIA (2024) PENATAAN PARKIR PADA KAWASAN PECINAN KABUPATEN BONDOWOSO. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.
![]() |
Text
COVER (KKW DAFA RISKI MAULANA).pdf Download (310kB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI (KKW DAFA RISKI MAULANA).pdf Download (153kB) |
![]() |
Text
BAB I (KKW DAFA RISKI MAULANA).pdf Download (67kB) |
![]() |
Text
BAB II (KKW DAFA RISKI MAULANA).pdf Download (916kB) |
![]() |
Text
BAB III (KKW DAFA RISKI MAULANA).pdf Restricted to Registered users only Download (103kB) |
![]() |
Text
BAB IV (KKW DAFA RISKI MAULANA).pdf Restricted to Registered users only Download (382kB) |
![]() |
Text
BAB V (KKW DAFA RISKI MAULANA).pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
Text
BAB VI (KKW DAFA RISKI MAULANA).pdf Download (53kB) |
Abstract
Kemacetan pada Kawasan Pecinan terjadi karena terbatasnya kapasitas jalan yang tidak sebanding dengan volume kendaraan saat ini. Permasalahan lalu lintas tersebut diperburuk dengan adanya kondisi ruas jalan yang beroperasi dengan kapasitas yang lebih rendah daripada kapasitas yang seharusnya (kapasitas jalan saat ini). Salah satu penyebabnya adalah kegiatan parkir di badan jalan atau biasa disebut on street parking. Parkir on street menyebabkan pengurangan lebar efektif jalan diantaranya Jalan PB Sudirman dari lebar total 14,8 m menjadi 6,9 m, Jalan KH Wahid Hasyim 1 dari lebar total 15,5 m menjadi 7,6 m, dan Jalan Teuku Umar dari lebar total 15 m menjadi 7,1 m. Kondisi ini sangat mempengaruhi tingkat pelayanan ruas jalan. Maka dari itu dibutuhkan usulan alternatif yang bisa menjadi solusi permasalahan pada Kawasan Pecinan. Tujuan penelitian ini adalah sebagai bahan evaluasi dan memberikan usulan dalam peningkatan kinerja ruas jalan pada Kawasan Pecinan. Dari penelitian ini didapatkan bahwa derajat kejenuhan jalan PB Sudirman sebesar 0,769, Jalan KH Wahid Hasyim 1 sebesar 0,488, dan Jalan Teuku Umar sebesar 0,559. Usulan yang dapat diberikan untuk meningkatkan kinerja jalan adalah optimalisasi sudut parkir dan pengalihan parkir dari on street menjadi off street. Dengan adanya usulan ini dapat menambah lebar efektif jalan dan peningkatan kecepatan akibat berkurangnya hambatan samping berupa manuver kendaraan keluar masuk area parkir on street.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kinerja ruas jalan, derajat kejenuhan, parkir, tingkat pelayanan, akumulasi parkir,indeks parkir, turn over |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Jalan |
Depositing User: | MTJ 7 2024 |
Date Deposited: | 22 May 2025 01:47 |
Last Modified: | 22 May 2025 01:47 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/6608 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |