KELIN ISNA ANDREANTA, KELIN and YUANDA PATRIA TAMA, YUANDA PATRIA TAMA and AGUS PRAMONO, AGUS (2024) PENINGKATAN KESELAMATAN FASILITAS PUTAR BALIK ARAH (U-TURN) PADA RUAS JALAN BATAS KOTA MAGELANG-KREPEKAN. Diploma thesis, Politeknik Transportasi Darat Indonesia - STTD.
![]() |
Text
COVEER.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (118kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Download (59kB) |
![]() |
Text
BAB II.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (614kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (159kB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
![]() |
Text
BAB VI.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
DAPUS.pdf Download (53kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) | Request a copy |
Abstract
Ruas jalan Batas Kota Magelang-Krepekan merupakan Jalan merupakan jalan dengan status jalan Nasional dan berfungsi sebagai Jalan Arteri Primer. Jalan ini juga merupakan jalan yang menghubungkan Kota Magelang dengan Yogyakarta dalam melakukan pergerakan transportasi sehingga Hal tersebut tentunya dapat mempengaruhi tingkat keselamatan pada ruas jalan tersebut. Ditambah lagi dengan adanya fasilitas putar balik yang harusnya mengakomodir pengendara dalam berbalik arah justru malah menjadi tempat yang sering terjadi kecelakaan. kurang optimalnya fasilitas pendukung U-Turn, desain yang berul berkesealamatan serta kecepatan tinggi membuat U-Turn menjadi tempat yang sering terjadi kecelakaan pada ruas jalan ini. Berdasarkan data dari Satlantas Polresta Kabupaten Magelang jumlah kejadian kecelakaan pada ruas jalan Batas Kota Magelang-Krepekan sebanyak 61 kejadian dengan tingkat fatalitas korban 11 orang meninggal dunia dan 60 orang luka ringan, dimana tipe tabrakan yang sering terjadi yaitu depan samping. 5 U-Turn menyumbang 24 kejadian dengan 7 orang meninggal dunia dan 28 luka ringan. Studi ini akan membahas peningkatan keselamatan fasilitas putar balik arah dengan melakukkan re dessain dan penambhan fasilitas pendukung. Hasil penelitian membuktikan kondisi eksisting U- Turn yaitu geometrik putar balik masih belum memenuhi persyaratan serta penyebab kecelakaan disebabkan oleh faktor manusia dan prasarana. Hasil penelitian menunjukkan perlu nya re desain dan penambahan perlengkapan jalan seperti rambu, marka, dan pita penggaduh guna meningaktkan keselamatan pada fasilitas putar balik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecelakaan, fasilitas putar balik , Fasilitas perlengkapan jalan , peningkatan keselamatan |
Subjects: | A General Works > AS Academies and learned societies (General) H Social Sciences > HE Transportation and Communications T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Diploma III Manajemen Transportasi Jalan |
Depositing User: | MTJ 9 2024 |
Date Deposited: | 19 May 2025 01:22 |
Last Modified: | 19 May 2025 01:22 |
URI: | http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/7089 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |