PENATAAN LALU LINTAS PADA KAWASAN PASAR SETU

FADHLY WIRA MAULANA, FADHLY and ANISA MAHADITA CANDRARAHAYU, ANISA MAHADITA CANDRARAHAYU and GUNTUR TRI INDRA SETIAWAN, GUNTUR TRI INDRA SETIAWAN (2024) PENATAAN LALU LINTAS PADA KAWASAN PASAR SETU. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (256kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (482kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (979kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
BAB 6.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kawasan Pasar Setu merupakan pusat perdagangan di Kabupaten Bekasi. Kawasan ini didominasi oleh deretan pertokoan. Tingginya aktivitas perjalanan pada kawasan ini serta adanya parkir di bahu jalan, pedagang kaki lima yang berjualan di bahu jalan, kendaraan umum yang parkir di badan jalan, kurang tersedianya fasilitas perlengkapan jalan, kurang tersedianya fasilitas pejalan kaki yang aman bagi masyarakat menyebabkan tingginya hambatan samping di sepanjang ruas jalan ini serta adanya aktifitas bongkar muat yang menggangu lalu lintas sehingga menyebabkan kemacetan. Hambatan samping yang tinggi menyebabkan kinerja ruas jalan dan simpang menjadi menurun. Untuk metode analisis yang digunakan yaitu analisis kinerja ruas jalan, analisis kinerja simpang, analisis parkir, analisis pejalan kaki dan analisis fasilitas perlengkapan jalan. Analisis ini menggunakan metode kuantitatif dan perhitungan dari Pedoman Kapasitas Jalan Indonesia (PKJI) dan juga analisis kinerja jaringan menggunakan pemodelan PTV VISSIM. Setelah dilakukan perhitungan untuk penanganan masalah kemudian akan dibandingkan dengan kondisi eksisting. Berdasarkan hasil analisis, maka penerapan usulan ini akan menurunkan v/c ratio dari 0,76 menjadi 0,68 di ruas yang paling bermasalah pada kondisi eksisting dan mengurangi derajat kejenuhan di kaki persimpangan tidak bersinyal dari 0,76 menjadi 0,75 di simpang yang paling bermasalah pada kondisi eksisting serta menurunkan tundaan rata-rata kinerja jaringan dari 14,93 detik menjadi 3,98 detik. Usulan yang diterapkan antara lain menghilangkan hambatan samping pada ruas jalan seperti parkir liar dan penertiban pedagang kaki lima, pemindahan parkir dari on-street ke parkir off-street, penyediaan fasilitas pejalan kaki, penyediaan fasilitas perlengkapan jalan, menaikkan level simpang tidak bersinyal menjadi simpang prioritas dan pengaturan waktu aktifitas bongkar muat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kinerja Lalu Lintas, Parkir, Fasilitas Pejalan Kaki, Fasilitas Perlengkapan Jalan, Bongkar Muat.
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 10 2024
Date Deposited: 14 Apr 2025 03:01
Last Modified: 14 Apr 2025 03:01
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/8475

Actions (login required)

View Item View Item