KAJIAN RENCANA PENERAPAN E-PARKING DI KABUPATEN PATI

ADIB MUHAMMAD KAMAL, KAMAL and YUANDA PATRIA TAMA, YUANDA PATRIA TAMA and MOHAMMAD SUGIARTO, MOHAMMAD SUGIARTO (2024) KAJIAN RENCANA PENERAPAN E-PARKING DI KABUPATEN PATI. Diploma thesis, POLITEKNIK TRANSPORTASI DARAT INDONESIA-STTD.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
BAB VI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu arah kebijakan dalam Rencana Strategis Dinas Perhubungan Kabupaten Pati yaitu pergantian sistem pembayaran retribusi parkir menjadi nontunai. Untuk mewujudkannya Dinas Perhubungan Kabupaten Pati akan menerapkan sistem parkir elektonik atau E-Parking. Penggunaan E-Parking dinilai mengurangi kecurangan dan kebocoran pendapatan retribusi, sehingga meningkatkan potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD). Penelitian ini memberikan gambaran rencana E-Parking di fasilitas parkir di dalam ruang milik jalan (titik parkir) eksisting yang representatif untuk penerapannya. Metode untuk memilih lokasi penerapan yaitu Analytical Hierarchy Process (AHP) dengan mempertimbangkan kondisi ketersediaan Satuan Ruang Parkir (SRP), volume parkir, kinerja ruas jalan, dan realisasi PAD retribusi parkir. Setelah terpilih lokasi kemudian dihitung kelayakan penerapan berdasarkan aspek keuangan dengan metode Net Present Value (NPV), Internal Rate of Return (IRR), Profitability Indeks (PI) dan Payback Period (PP). Di lokasi terpilih kemudian dibandingkan antara skenario E-Parking dengan sistem target setoran (eksisting) untuk melihat potensi peningkatan PAD. Hasil penelitian didapatkan lokasi terpilih di ruas jalan P. Sudirman Segmen 2 yang terdapat 4 titik parkir. Penghitungan analisa keuangan E-Parking selama masa investasi 5 tahun menunjukkan hasil NPV, IRR, PI, dan PP yang keseluruhannya memenuhi kriteria kelayakan. Skenario E-Parking menghasilkan peningkatan potensi PAD retribusi parkir di lokasi terpilih sebesar 45,06% bila dibandingkan sistem target setoran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Parkir, E-Parking, AHP, Studi Kelayakan, Aspek Keuangan, PAD
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: Diploma IV Transportasi Darat
Depositing User: Transdar 9 2024
Date Deposited: 24 Apr 2025 01:48
Last Modified: 24 Apr 2025 01:48
URI: http://digilib.ptdisttd.ac.id/id/eprint/8090

Actions (login required)

View Item View Item